Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Ceramah Di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tikke Raya

Authors

  • Amri Kharisma Mahasiswa

Abstract

Penelitian yang mengangkat metode ceramah sebagai bahan penelitian ini berpusat pada peningkatan motivasi belajar Siswa melalui metode ceramah dengan dua rumusan masalah: 1. Bagaimana strategi Guru dalam penerapan metode ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa?, 2. Kendala apa yang dihadapi Guru dalam penerapan metode ceramah?. Penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui strategi Guru dalam penerapan metode ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa, 2. Mengetahui kendala apa yang dihadapi Guru dalam penerapan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tikke Raya Kelas XI IPA 1. Manfaat penelitian: 1. Manfaat teoritis; untuk membangkitkan motivasi belajar Siswa terhadap mata pelajaran sejarah dan untuk menambah wawasan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa. 2. Manfaat praktis; menambah khasanah ilmu pengetahuan mengenai pelajaran sejarah dan sebagai referensi Guru dalam mengajar pelajaran sejarah. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: Mengatur intonasi, memberi lawakan serta menceritakan kepada Siswa tentang kondisi yang akan dihadapi di masa depan dapat meningkatkan motivasi Siswa melalui metode ceramah.

Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi belajar, dan Metode Ceramah

 

Abstract: Amri, (2021). Teacher Strategies in increasing Student Learning Motivation through the Lecture Method in Class XI IPA 1 SMAN 1 Tikke Raya.

The research that raised the lecture method as a research material is centered on increasing student learning motivation through the lecture method with two problem formulations: 1. What is the Teacher's strategy in applying the lecture method to increase student learning motivation?, 2. What obstacles does the Teacher face in the application of the lecture method? This study aims to: 1. Know the teacher's strategy in applying the lecture method to increase student learning motivation, 2. Know what obstacles the Teacher faces in the application of the lecture method. This research was conducted at SMA Negeri 1 Tikke Raya Class XI IPA 1. Research benefits: 1. Theoretical benefits; to generate students' learning motivation towards history subjects and to increase the teacher's insight in increasing student learning motivation. 2. Practical benefits; add knowledge about history lessons and as a reference for teachers in teaching history lessons. The method used is a qualitative method with data collection techniques with interviews, observations, and documentation. Research results: Arranging intonation, giving advice, and telling students about the conditions that will be faced in the future can increase student motivation through the lecture method.

Keywords: Teacher Strategies, Learning motivation, and Lecture Methods

Downloads

Published

2024-01-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 74 , PDF Downloads: 577