ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KECAMATAN SINTANG KALIMANTAN BARAT

Main Article Content

Yulia Suriyanti
Valentinus Ola Beding

Abstract

Kecamatan Sintang merupakan salah satu wilayah timur Provinsi Kalimantan Barat yang masih mengalami banyak kendala dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pola interaksi dalam proses pembelajaran Ekonomi perspektif guru pengampu mata pelajaran Ekonomi serta siswa Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan sintang yang terdiri dari 12 sekolah.  Penelitian ini termasuk jenis kualitatif dengan bentuk survei serta disajikan dalam bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi serta angket untuk memperoleh informasi terkait pengalaman siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru Ekonomi Se-Kecamatan Sintang yaitu metode ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok dengan pola interaksi satu arah, dua arah, tiga arah dan pola interaksi banyak arah hanya ditemukan pada salah satu subjek penelitian. Sedangkan hasil angket siswa menunjukkan bahwa 80% siswa lebih menyukai apabila guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dengan pola interaksi  banyak arah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suriyanti, Y., & Beding, V. O. (2018). ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KECAMATAN SINTANG KALIMANTAN BARAT. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 6(2), 187–196. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p187-196
Section
Articles

References

Akim, A. 2010. Raker Gubernur Kalbar HUT Pemda Kalbar Ke-53 Koordinasi Pemantapan Penyelenggaraan dan Pembangunan Daerah Tahun 2010. Retrieved from http://edoc.kalbarprov.go.id/berkas/DISDIK.pdf

Gerungan W.A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Julianto. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Ketungau Hulu. STKIP Persada khatulistiwa Sintang.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Novi Irmawati. 2013. Kemampuan Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Kelam Permai. STKIP Persada khatulistiwa Sintang.

Ratnawati, E. 2007. Interaksi dan Proses Komunikasi dalam pembelajaran. Jurnal Al- Tarbiyah, XX.

Roza Lianti. 2016. Analisis Disiplin Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Sekolah Menengah Pertama Sintang. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana.

Sumiati, & Asara. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

W.S. Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.