KORELASI BLUEPRINT SUMBER DAYA PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF TERHADAP MANIFESTASI UMKM DENGAN INTERVENSI STRATEGI BISNIS

Main Article Content

Prasetio Ariwibowo
Muhammad Syahiddin
Dwi Rorin Mauludin Insana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun strategi bisnis melalui strategi keunggulan bersaing (pemasaran) dan sumber daya perusahaan dalam meningkatkan kinerja UMKM industri kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yaitu menganalisis hubungan kausal antara variabel terikat dan variabel bebas. Sampel dan populasi ini dilakukan secara purpossive sampling sejumlah 110 orang. Berupa para pelaku UMKM 5 Kabupaten di sepanjang pantai selatan-Jawa Barat yang telah aktif menjalankan usahanya selama minimal 3 tahun di bidang industri kreatif. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM, dengan wawancara dan angket kuisioner sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi keunggulan bersaing (pemasaran) dan sumber daya bisnis dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja UMKM di industri kreatif. Hasil empiris menunjukkan bahwa sumber daya perusahaan dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap strategi bisnis dan kinerja usaha. Dalam penelitian ini, penerapan strategi bisnis tidak berpengaruh terhadap kinerja UKM kreatif di 5 kabupaten di sepanjang pantai selatan Jawa Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariwibowo, P., Syahiddin, M. ., & Insana, D. R. M. (2022). KORELASI BLUEPRINT SUMBER DAYA PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF TERHADAP MANIFESTASI UMKM DENGAN INTERVENSI STRATEGI BISNIS. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 10(1), 31–48. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n1.p31-48
Section
Articles

References

Abdi Mussa, M., Dominic, P. D. D., Downe, A. G., Loke, S. P., & Thamaraiselvan, N. (2013). Aligning IT strategy with business strategy for competitive advantage: a structural equation model. International Journal of Business Excellence, 6(4), 425-447.

Amran, A., Ooi, S. K., Wong, C. Y., & Hashim, F. (2016). Business Strategy for Climate Change: An ASEAN Perspective. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 23(4), 213–227. https://doi.org/10.1002/csr.1371.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Barney, J. B. (1995). Looking Inside for Competitive Advantage. Academy of Management Executives, 49-61.

Brunstein., J. C. and Heckhausen, H. (2018). Achievement Motivation. Motivation and Action, Springer International Publishing AG, part of Springer Nature, Third Edition. https://doi.org/10.1007/978-3-319-65094-4

De Brentani, U., & Kleinschmidt, E. J. (2015). The impact of company resources and capabilities on global new product program performance. Project Management Journal, 46(1), 12-29.

Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124-136.

Joewono, Handito. (2012). Strategy Management. Jakarta: Arrbey.

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396–403. https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975.

Junita, Dewi., Sari, Ria. Nelly, & Kurnia, Pipin. (2018). Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Perusahaan dengan Strategi Bisnis Sebagai Variabel Intervening : Studi pada Perusahaan Manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 6(2), 204–220.

Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008.

Leonidou, L. C., Leonidou, C. N., Fotiadis, T. A., and Zeriti, A. (2013). Resources and capabilities as drivers of hotel environmental marketing strategy: Implications for competitive advantage and performance. Tourism Management, 35, 94–110. https://doi.org/10.1016/ j.tourman.2012.06.003

Li, Y., & Tan, C. H. (2013). Matching business strategy and CIO characteristics: The impact on organizational performance. Journal of Business Research, 66(2), 248–259. https://doi.org/10.1016/ j.jbusres.2012.07.017

Miraza, Z. dan H. R. H. (2015). Dampak Sumber Daya VRIN terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja ( Studi pada UKM di Medan ). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, VI(2), 91–103.

Muhnot, Selvam. (2021). Role and Performance of MSME Sector in India. Research Explorer - -A Blind Review & Refereed Quarterly International Journal, IX(31), 31–35. https://www.researchgate.net/profile/P-Mari-Selvam/publication/352538520_ROLE_AND_PERFORMANCE_OF_MSME_SECTOR_IN_INDIA/links/60cda8b792851ca3acaf844c/ROLE-AND-PERFORMANCE-OF-MSME-SECTOR-IN-INDIA.pdf

Papadas, K., Avlonitis, G. J., Carrigan, M., and Piha, L. (2018). The interplay of strategic and internal green marketing orientation on competitive advantage. Journal of Business Research, November 2017, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.07.009.

Pangeran, Perminas. (2011). Orientasi kewirausahaan dan kinerja keuangan pengembangan produk baru usaha mikro dan kecil. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 6(2), 113-125.

Prince, S. (2011). Establishing the connections between the goals of sustainable development and creative tourism. UPPSALA Universitet.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707.

Shah, S. N. A., & Dubey, S. (2013). Market Orientation and Organizational Performance of Financial Institutions in United Arab Emirates. Journal of Management & Public Policy, 4(2), 17–26. http://search.ebscohost. com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=90602724&site=ehost-live

Snoj, B., Milfelner, B., & Gabrijan, V. (2007). An examination of the relationships among market orientation, innovation resources, reputational resources, and company performance in the transitional economy of Slovenia. Canadian Journal of Administrative Sciences, 24(3), 151–164. https://doi.org/10.1002/cjas.22.

Sopandi, Encep. (2017). Analisis Keunikan Sumberdaya Dan Strategi Keunggulan Bersaing Produk Kreatif Bambu (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat). Journal of Management and Business Review, 14(2), 176–205. https://doi.org/10.34149/jmbr.v14i2.92

Sulistyowati, D. A., Wismanto, Y. B., & Utami, C. T. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping pada mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang. PREDIKSI, 4(1), 11.

Suriyanti, L. H., & Binangkit, I. D. (2019). Peran Kebijakan Pemerintah Dalam Memoderasi Pengaruh Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(1), 119-128.

Suseno, Djoko. (2010). Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing, Sumber Daya Perusahaan dan Implementasi Strategi Jenerik Terhadap Kinerja Usaha Dengan Lingkungan Operasi Sebagai Variabel Mederating. Disertasi Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana. Universitas Brawijaya. Malang

Suzanto, B., & Solihin, A. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Unit Network Management System Infratel PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Entrepreunership, 6(2), 64-76.

Toyib, Jein Sriana. (2017). Pengaruh Sumber Daya Perusahaan dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah [Effect of Corporate Resources and Entrepreneur Orientation on Small and Medium Business Performance]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 12(2), 243. https://doi.org/10.19166/ derema.v12i2.411.

Venny dan Febriyantoro, Mohamad Trio. (2020). Sustainable entrepreneurial orientation dan keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis: studi pada umkm di kota batam. DeReMa (Development of Research Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 257–281.

Welbourne, P., and Leeson, C. (2012). The education of children in care: A research review. Journal of Children’s Services, 7(2), 128–143. https://doi.org/10.1108/17466661211238682