KORELASI BLUEPRINT SUMBER DAYA PERUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF TERHADAP MANIFESTASI UMKM DENGAN INTERVENSI STRATEGI BISNIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun strategi bisnis melalui strategi keunggulan bersaing (pemasaran) dan sumber daya perusahaan dalam meningkatkan kinerja UMKM industri kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yaitu menganalisis hubungan kausal antara variabel terikat dan variabel bebas. Sampel dan populasi ini dilakukan secara purpossive sampling sejumlah 110 orang. Berupa para pelaku UMKM 5 Kabupaten di sepanjang pantai selatan-Jawa Barat yang telah aktif menjalankan usahanya selama minimal 3 tahun di bidang industri kreatif. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM, dengan wawancara dan angket kuisioner sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi keunggulan bersaing (pemasaran) dan sumber daya bisnis dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja UMKM di industri kreatif. Hasil empiris menunjukkan bahwa sumber daya perusahaan dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap strategi bisnis dan kinerja usaha. Dalam penelitian ini, penerapan strategi bisnis tidak berpengaruh terhadap kinerja UKM kreatif di 5 kabupaten di sepanjang pantai selatan Jawa Barat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdi Mussa, M., Dominic, P. D. D., Downe, A. G., Loke, S. P., & Thamaraiselvan, N. (2013). Aligning IT strategy with business strategy for competitive advantage: a structural equation model. International Journal of Business Excellence, 6(4), 425-447.
Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Barney, J. B. (1995). Looking Inside for Competitive Advantage. Academy of Management Executives, 49-61.
Brunstein., J. C. and Heckhausen, H. (2018). Achievement Motivation. Motivation and Action, Springer International Publishing AG, part of Springer Nature, Third Edition. https://doi.org/10.1007/978-3-319-65094-4
De Brentani, U., & Kleinschmidt, E. J. (2015). The impact of company resources and capabilities on global new product program performance. Project Management Journal, 46(1), 12-29.
Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124-136.
Joewono, Handito. (2012). Strategy Management. Jakarta: Arrbey.
Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008.
Pangeran, Perminas. (2011). Orientasi kewirausahaan dan kinerja keuangan pengembangan produk baru usaha mikro dan kecil. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 6(2), 113-125.
Prince, S. (2011). Establishing the connections between the goals of sustainable development and creative tourism. UPPSALA Universitet.
Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sulistyowati, D. A., Wismanto, Y. B., & Utami, C. T. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping pada mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang. PREDIKSI, 4(1), 11.
Suriyanti, L. H., & Binangkit, I. D. (2019). Peran Kebijakan Pemerintah Dalam Memoderasi Pengaruh Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(1), 119-128.
Suseno, Djoko. (2010). Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing, Sumber Daya Perusahaan dan Implementasi Strategi Jenerik Terhadap Kinerja Usaha Dengan Lingkungan Operasi Sebagai Variabel Mederating. Disertasi Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana. Universitas Brawijaya. Malang
Suzanto, B., & Solihin, A. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Unit Network Management System Infratel PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Entrepreunership, 6(2), 64-76.
Toyib, Jein Sriana. (2017). Pengaruh Sumber Daya Perusahaan dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah [Effect of Corporate Resources and Entrepreneur Orientation on Small and Medium Business Performance]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 12(2), 243. https://doi.org/10.19166/ derema.v12i2.411.