METODE PEMBELAJARAN, MOTIVASI SISWA PENGARUHNYA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 13 MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel kedisiplinan sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 13 Malang dengan populasi penelitian adalah siswa-siswi SMK kelas XI dan XII dan sampel yang diambil adalah sebanyak 154 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan bantuan Software AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar namun tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan motivasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar maupun prestasi belajar. Namun, variabel kedisiplinan bukan merupakan variabel mediasi antara metode pembelajaran maupun motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan metode pembelajaran yang awalnya luring menjadi daring memerlukan keterlibatan seluruh elemen, baik itu dari diri sendiri/siswa, keluarga, maupun tenaga pendidik dan pihak sekolah, dan setiap individu harus pandai dalam mengatur strategi belajar yang efektif, serta pihak keluarga sebagai orang yang paling dekat dengan siswa, harus memberi dukungan selama kegiatan pembelajaran daring.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
The publisher publishes and distributes the Article with the copyright notice to the Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan with the article license CC-BY-NC-SA 4.0.
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aldefer, C. P. (2004). An Empirical Test of a New Theory of Human Needs. Organizational Behaviour and Human Performance, 4(2), 142–175.
Ardhyana, G., Haris, I. N., & Risyanto, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Disiplin Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 244–250.
Arikunto, S. (2000). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. PT Rineka Cipta.
Arinanda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswadi sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendigin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2
Atmaja, A. Y. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams- Achiefment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi Dikelas X.2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1416933&val=4071&title=PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS- ACHIEFMENT DIVISION STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI DIKELAS X2 SMA NEGERI 2 BO
Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 164–180. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543
Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90
David C. McClelland. (1987). Human Motivation. Cambridge University Press.
Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk. Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen (3rd ed.). FakultasEkonomi UNDIP.
Haris, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab. BIOMARTIKA : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2), 2461–3961.
Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2). https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13140
Kusuma, Z., & Subhkhan, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4693
Maesaroh, S. (1970). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910
Muhamad Ajwar, Baskoro Adi Prayitno, W. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Inkuiri, 4(3), 1–9.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosda Karya.
Prwanto. (2007). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Rusydayana, L. S., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 140–148. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/400
Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78–97. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT.Raja Grafindo Persada.
Solimun. (2009). Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos. Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.
Suasih, N. K., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Disiplin Belajar Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Kecamatan Abang. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5, 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/124448-ID-ngaruh-metode-eksperimen-terhadap-disipl.pdf
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta.
Wahab, A. W. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar. CV Alfabeta.