METODE PEMBELAJARAN, MOTIVASI SISWA PENGARUHNYA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 13 MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel kedisiplinan sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 13 Malang dengan populasi penelitian adalah siswa-siswi SMK kelas XI dan XII dan sampel yang diambil adalah sebanyak 154 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan bantuan Software AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar namun tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan motivasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar maupun prestasi belajar. Namun, variabel kedisiplinan bukan merupakan variabel mediasi antara metode pembelajaran maupun motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan metode pembelajaran yang awalnya luring menjadi daring memerlukan keterlibatan seluruh elemen, baik itu dari diri sendiri/siswa, keluarga, maupun tenaga pendidik dan pihak sekolah, dan setiap individu harus pandai dalam mengatur strategi belajar yang efektif, serta pihak keluarga sebagai orang yang paling dekat dengan siswa, harus memberi dukungan selama kegiatan pembelajaran daring.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2000). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. PT Rineka Cipta.
Atmaja, A. Y. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams- Achiefment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi Dikelas X.2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1416933&val=4071&title=PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS- ACHIEFMENT DIVISION STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI DIKELAS X2 SMA NEGERI 2 BO
Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90
David C. McClelland. (1987). Human Motivation. Cambridge University Press.
Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk. Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen (3rd ed.). FakultasEkonomi UNDIP.
Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2). https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13140
Kusuma, Z., & Subhkhan, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4693
Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosda Karya.
Prwanto. (2007). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT.Raja Grafindo Persada.
Solimun. (2009). Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos. Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta.
Wahab, A. W. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar. CV Alfabeta.