PERAN AKTIVITAS MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI BISNIS MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Knowledge Based Theory pada unit analisis pengusaha mahasiswa. Studi ini urgen untuk dilakukan karena jarangnya mengulas penelitian pendidikan kewirausahaan dari sisi pendidikan informal yang diimplementasikan melalui upaya manajemen pengetahuan yang dilakukan oleh pengusaha anggota asosiasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 162 responden yang tersebar pada anggota HIPMI PT di Kota Semarang. Data yang didapatkan dianalisis deskriptif dan statistik inferensial dengan metode Warp Structural Equation Modelling- Partial Least Square menunjukkan bahwa penciptaan pengetahuan tidak signifikan mempengaruhi kapabilitas inovasi bisnis para pengusaha mahasiswa, sementara aktivitas pencarian pengetahuan, berbagi pengetahuan, dan penerapan pengetahuan berpengaruh positif terhadap kapabilitas inovasi bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa kurang matangnya penciptaan pengetahuan dari pengusaha mahasiswa, membutuhkan dukungan dari pihak universitas yang menaungi HIPMI PT untuk dapat mengadakan proses seminar/workshop/lokakarya yang intensif sehingga berdampak terhadap peningkatan kemampuan inovasi pengusaha mahasiswa di universitas masing-masing.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Mulyono, K. B., Jaenudin, A., & Widodo, J. (2021). PERAN AKTIVITAS MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI BISNIS MAHASISWA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 51–66. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p51-66
Issue
Section
Articles