MEMBANGUN KEUNGGULAN PRODUK FIGURATIF GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRIS PADA UKM BATIK DI KABUPATEN CIREBON)

Main Article Content

Fahmi Maulana
Judiman Judiman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengaruh inovasi produk, kapabilitas manajemen pemasaran, keunggulan produk figurative terhadap kinerja pemasaran. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain variabel inovasi produk, kapabilitas manajemen pemasaran, keunggulan produk figurative terhadap kinerja pemasaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahn purposive sampling, sampel penelitian ini yaitu UKM batik cirebon.  Jumlah sampel sebanyak 120 UKM batik di Kabupaten Cirebon. Analisis penelitian menggunakan model persamaan Structural Equation Model (SEM). Hasil pengolahan data menyimpulkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk figuratif. UKM Batik  Inovasi produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk figurative. Keunggulan produk figuratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian ini menjadi masukan untuk para UKM batik agar selalu terus berinovasi dalam menciptakan berbagai macam motif supaya pembeli banyak pilihan sehingga dapat meningkatkan keunggulan produk figuratif dan kinerja pemasaran. Sebaiknya UKM batik yang ada di Kabupaten Cirebon agar meningkatkan keunikan produk dan kualitas batiknya yang sesuai dengan selera dan keinginan para konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maulana, F., & Judiman, J. (2020). MEMBANGUN KEUNGGULAN PRODUK FIGURATIF GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRIS PADA UKM BATIK DI KABUPATEN CIREBON). JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 5–16. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p5-16
Section
Articles

References

Aldi, B. Elnath. (2005). Menjadikan Manajemen Pengetahuan Sebagai Keunggulan Kompetitif Perusahaan Melalui Strategi Berbasis Pengetahuan. Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi (Jsmo). Vol. 2 No 1, Pp. 58-68.

Apak Sudi, and Erhan Atay. (2014). Global Innovation and Knowledge Management Practice in Small and Medium Enterprises (SMEs) in Turkey and the Balkans. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150 ( 2014 ) 1260 – 1266.

Atuahene Gima Kwaku, and Janet Y. Murray. (2004). Antecedents and Outcomes of Marketing Strategy Comprehensiveness. Journal of Marketing, Vol 68 (Oktober ), 33-46.