HUBUNGAN ANTARA ETIKA BERPERILAKU DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KONFORMITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SIDOARJO

Authors

  • Rosyikhotul Ilmiyah Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v4n1.p1-9

Abstract

Lingkup sosial yang semakin tidak terbatas membuat remaja kurang memegang teguh aturan dan norma yang berlaku di masyarakat sehingga menimbulkan etika berperilaku yang kurang baik. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pada peserta didik yang merujuk pada maraknya fenomena menurunnya etika dalam berperilaku pada peserta didik kelas VIII SMP œX Sidoarjo. Cara bagaimana individu berperilaku dapat diengaruhi oleh sejumlah faktor, antara lain kemampuan berpikir logis dan keterkaitannya dengan nilai kelompok . Berdasarkan latar belakang masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara etika berperilaku dengan kemampuan berpikir logis dan konformitas. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian terdiri dari 184 peserta didik kelas VIII SMP œX Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan satu alat tes berpikir logis dan dua skala yakni skala etika berperilaku dan skala konformitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendalls tau-b  untuk menguji hubungan dua variabel dan korelasi Kendall-W test untuk menguji hubungan tiga variabel. Hasil dari analisis data korelasi Kendalls tau-b antara kemampuan berpikir logis dan etika berperilaku menunjukkan taraf signifikansi 0,161, konformitas dengan etika berperilaku menunjukkan taraf signifikansi 0,019. Hasil analisis data korelasi Kendalls tau-b antara kemampuan berpikir logis dan konformitas menunjukkan taraf signifikansi 0,017. Hasil analisis korelasi Kendall-W test secara bersama-sama antara tiga variabel menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis dan konformitas secara bersama-sama berhubungan secara signifikan dengan etika berperilaku. Perlu adanya usaha pendampingan dan bimbingan bagi peserta didik agar mecapai perkembangan yang optimal di sekolah dengan tanpa mengesampingkan etika.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Logis, Konformitas, Etika Berperilaku

Downloads

Published

2020-06-03
Abstract views: 713 , PDF Downloads: 1785