Pengembangan Ranah Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Menggunakan Exploding Box QR Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pemahaman Membaca Materi Bimbingan Konseling Kelompok Peserta Didik SMP Negeri 1 Madiun

Authors

  • Eko Setyo Rini SMP Negeri 1 Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v4n2.p36-40

Keywords:

Media Exploding Box QR, Membaca, Bimbingan Kelompok, HOTS.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan ranah berfikir tingkat tinggi (HOTS) dengan menggunakan Exploding Box QR sebagai media pembelajaran interaktif pada pemahaman membaca materi bimbingan kelompok peserta didik Kelas VIIB SMP Negeri 1 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Media baca interaktif exploding box QR merupakan suatu benda berbentuk kubus dikemas secara modern dimodifikasi menjadi tampilan 3D berisi ringkasan materi dalam bentuk scan barcode QR. Penggunaan media baca exploding box QR pada kegiatan bimbingan kelompok untuk mengubah cara membaca materi bimbingan kelompok yang semula dengan buku teks diganti menggunakan media baca exploding boxQR.

Dampak penggunaan Media baca Interaktif exploding box QR adalah pemahaman materi dan kemampuan berpikir HOTS dari 32 peserta didik Kelas VIIB nilai rata-rata kelas pada pertemuan pertama dengan nilai 73,6. Pada pertemuan kedua hasil nilai rata-rata kelas naik menjadi 79,9. Sedangkan jumlah peserta didik tuntas pada pertemuan pertama 63,6% dan yang tidak tuntas sebesar 36,4%. Pada pertemuan kedua ketuntasan menjadi 28 peserta didik (87,5%) dan hanya 4 peserta didik yang belum mencapai tingkat pemahaman sesuai dengan rata rata.

Dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 1 Madiun yang mengalami ketuntasan pemahaman materi bimbingan kelompok serta mampu mengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) bagi peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 1 Madiun. Penggunaan media baca exploding boxQR juga memunculkan dampak pengiring peserta didik menjadi lebih gemar membaca.

Author Biography

Eko Setyo Rini, SMP Negeri 1 Kota Madiun

Saya Bekerja sebagai Guru Bimbingan Konseling Mulai Tahun 2008.

References

<p>Andriyadi, Anggi. (2011). <em>Barcode QR</em> Lampung: AR Team.</p><p>Asyhar, Rayandra. (2012). <em>Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. </em>Jakarta : Referensi.</p><p>BSNP. (2006). <em>Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah</em>. Jakarta : DEPDIKNAS.</p><p>Dalman. (2014). <em>Ketrampilan Membaca</em>. Jakarta: Rajawali Pers.</p><p>Daryanto. (2013). <em>Media Pembelajaran</em>. Yogyakarta: Gava Media.</p><p>Gumono. (2014). <em>Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Provinsi Bengkulu</em>. Bengkulu: Lentera Pendidikan</p><p>Kemendikbud. (2013). <em>Panduan Penilaian di SD. </em>Jakarta: KEMDIKBUD.</p><p>Megawangi, Ratna. (2010). <em>Pendidikan Karakter Anak Usia Dini</em>. Jakarta: Indonesia Heritage Fundation.</p><p>Metro TV News. (2016). <em>Indonesia peringkat dua terbawah dalam survei terkait minat baca.</em>, <a href="http://m.metrotvnews.com/internasional/dunia/Wb7Ordab-indonesia-peringkat-dua-terbawah-dalam-survei-terkait-minat-baca">http://m.metrotvnews.com/internasional/dunia/Wb7Ordab-indonesia-peringkat-dua-terbawah-dalam-survei-terkait-minat-baca</a>, diunduh di Semarang, 15 September 2018.</p><p>Munadi, Yudhi. (2012)<em>. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. </em>Jakarta: Gaung Persada Press.</p><p>Rahim, Farida. (2008). <em>Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. </em>Jakarta: Bumi Aksara             </p><p>Salma, Dewi. (2013). <em>Mozaik Teknologi Pendidikan e-learning. </em>Jakarta: Kencana Prenada Media Group.</p><p>Somadoyo. (2011). <em>Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca</em>. Yogyakarta: Graha Ilmu.</p><p>Sudjana, Nana. (2011)<em>. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. </em>Bandung: Sinar Baru Algesindo.<em></em></p><p>Sundayana, Rostina. (2013). <em>Media Pembelajaran Matematika</em>. Bandung : Alfabeta.</p><p>Susanto, Ahmad. (2013). <em>Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. </em>Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.</p><p> </p><p> </p>

Downloads

Published

2020-12-17
Abstract views: 441 , PDF Downloads: 233