STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGUATKAN KESADARAN DISABILITAS DI SEKOLAH INKLUSI

Authors

  • Bagus Rachmad Saputra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n2.p40-44

Keywords:

Kata kunci, strategi, layanan, bimbingan dan konseling, kesadaran disabilitas

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan strategi yang tepat dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah inklusi dan (2) penguatan kesadaran disabilitas bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan di sekolah inklusi. Metode penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka, kajian teori, atau studi literatur terkait dengan strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah inklusi serta penguatan pemahaman guru bimbingan dan konseling tentang kesadaran disabilitas di sekolah inklusi. Studi dilakukan dengan mencari sumber literatur yang relevan kemudian dibandingkan dengan literatur lain yang kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan atau pemahaman terkait dengan tema yang ditulis. Hasil yang diharapkan dalam penulisan artikel ini adalah (1) strategi layanan bimbingan dan konseling yang dirasa tepat untuk diimplementasikan di sekolah inklusi dan (2) perlunya penguatan kesadaran disabilitas bagi guru bimbingan dan konseling di sekolah inklusi.

Kata kunci: strategi, layanan, bimbingan dan konseling, kesadaran disabilitas

                                                                 Abstract

This study aims to (1) develop appropriate strategies in providing guidance and counseling services in inclusive schools and (2) strengthening disability awareness for guidance and counseling teachers in providing services in inclusive schools. This research method is a literature study, theoretical study, or literature study related to the strategy of guidance and counseling services in inclusive schools and strengthening teachers' understanding of guidance and counseling about disability awareness in inclusive schools. The study was conducted by finding relevant sources of literature and then compared with other literature which was then drawn into a conclusion or understanding related to the theme written. The expected results in writing this article are (1) guidance and counseling service strategies that are deemed appropriate for implementation in inclusive schools and (2) the need to strengthen disability awareness for guidance and counseling teachers in inclusive schools.

Keywords: strategy, service, guidance and counseling, disability awareness

 

References

<p><strong>DAFTAR RUJUKAN</strong></p><p>Confederation, College. 2017. <em>Disability Awareness: The Basic. </em>E-Book</p><p>(Rivonline.org)<em></em></p><p>Disable People Assosiated. 2012. <em>Achieving Inclution in Education: Understanding the Needs Of Students with Disacilitys. </em>Singapura:-</p><p>Permendikbud. 2009. <em>Permendikbud No 70 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi.</em> Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan</p><p>Permendikbud. 2014. <em>Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan Konseling</em>. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan</p><p>Rachman, Fathur. 2012. <em>Manajemen dan Pengembangan Program Layanan Bimbingan dan Konseling. </em>Yogyakarta: Modul Pelatihan Guru BK Yogyakarta</p><p>Salvia, J, dkk. 2010. <em>Assesment: In Specials and Inclusive Education.</em> Belmont, California: Wadsworth </p><p>Schmidt, John J. 2008. <em>Counseling in Schools Comprehensive Programs of Responsive<br /> Service for All Student</em>. Boston : Pearson</p><p>Ulfatin, N. 2015. <em>Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya</em>. Malang: Bayu Media.</p><p class="IEEEReferenceItem">Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. <em>Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.</em></p><p>Undang-Undang Republik Indonesia. 2016. <em>Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas</em><em>.</em></p>

Downloads

Published

2020-01-25
Abstract views: 912 , PDF Downloads: 1703