PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Fathurrohman Hakim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cendrawasih
  • Yansen Alberth Reba Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cendrawasih

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n2.p65-73

Keywords:

Kebiasaan Belajar, Keterampilan Belajar, Lingkungan Belajar

Abstract

Belajar adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan baru pada seluruh tingkah lakunya. Demi hasil pengalaman tersebut dapat di lihat dari meningkatnya kualitas kecakapan, wawasan, daya berfikir, sikap, dan pemahaman keterampilan. Keterampilan belajar yang baik dapat di lihat dari pengaruh lingkungannya. Sehingga lingkungan berperan penting untuk perkembangan keterampilan belajar mahasiswa di kampus. keterampilan belajar bukan hanya merupakan satu unit tunggal, melainkan sebuah rangkaian yang di dalamnya terdapat sejumlah kegiatan yang saling terpaut dan menopang. Namun dalam kenyataan yang ditemui peneliti masih terdapat kesenjangan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif, Penerapan penelitian ini dengan metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas (independent) yaitu kebiasaan belajar (X1), lingkungan belajar (X2) sedangkan variabel terikatnya (dependent) adalah keterampilan belajar mahasiswa (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan belajar mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Di Universitas Cenderawasih. Terdapat pengaruh yang cukup signifikan terhadap keterampilan belajar mahasiswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4.190 > 2.00404). Hasil ini menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap keterampilan belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Author Biographies

Fathurrohman Hakim, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cendrawasih

Bimbingan dan Konseling

Yansen Alberth Reba, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cendrawasih

Bimbingan dan Konseling

References

<p>Aini, N., Wahyuni, S., &amp; Totalia, S. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pengajaran Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. <em>Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi</em>, <em>4</em>(2).</p><p>Astuti, V. J. (2018). <em>Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII A dan VII B SMP Pangudi Luhur Wedi Tahun Ajaran 2017/2018</em>. Skripsi.</p><p>Berutu, M. H. A., &amp; Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. <em>Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi</em>, <em>1</em>(2), 109116.</p><p>Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. <em>Publikasi Pendidikan</em>, <em>9</em>(1), 4652.</p><p>Hayati, I. R., &amp; Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan belajar antara siswa IPA dan IPS. <em>Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan</em>, <em>14</em>(1), 110.</p><p>Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX IPS di Man Bangkalan. <em>Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan</em>, <em>3</em>(1), 103114.</p><p>Khoiriyah, A. (2017). Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Belajar bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. <em>Jurnal BK UNESA</em>, <em>7</em>(1).</p><p>Nasution, H. M. F. (2016). Hubungan metode mengajar dosen, keterampilan belajar, sarana belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. <em>Jurnal Ilmu Pendidikan</em>, <em>8</em>(1).</p><p>Parnawi, A. (2019). <em>Psikologi belajar</em>. Deepublish.</p><p>Prayitno, E. A., &amp; Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. <em>Jakarta: Rineka Cipta</em>.</p><p>Santi, V. P., Abdat, C. H., &amp; Mahmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. <em>Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling</em>, <em>5</em>(2).</p><p>Suardi, M. (2018). <em>Belajar &amp; pembelajaran</em>. Deepublish.</p><p>Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&amp;D. <em>Bandung: Alfabeta</em>.</p><p>Tanjung, R. F., Neviyarni, N., &amp; Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. <em>Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling</em>, <em>3</em>(2).</p><p>Umami, I. (2015). Keterampilan Belajar Sebagai Komponen Layanan Penguasaan Konten Dalam Bimbingan Konseling. <em>GUIDENA</em>, 40.</p><p>Zahri, T. N., Yusuf, A. M., &amp; Neviyarni, S. (2017). Hubungan gaya belajar dan keterampilan belajar dengan hasil belajar mahasiswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. <em>Konselor</em>, <em>6</em>(1), 1823.</p><p><strong> </strong></p>

Downloads

Published

2022-01-14
Abstract views: 397 , PDF Downloads: 232