Author Guidelines

Jurnal INKRIDIBEL hanya menerima naskah penelitian yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diajukan ke jurnal atau media lain untuk dipublikasikan. Naskah merupakan karya asli penulis dan bebas dari plagiarisme. Pemindaian kemiripan dilakukan dengan menggunakan Turnitin. Indeks kemiripan diharapkan kurang dari 25% dan tidak mengelompok dalam satu paragraf. Penulis diwajibkan mengisi dan menyerahkan Letter of Approval (template dapat diunduh di Link). Letter of Approval diunggah dalam Supplementary File pada saat penyerahan naskah. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 

PENGIRIMAN NASKAH

Penulis harus mengirimkan naskah dalam format Microsoft Word (.docx atau .doc) yang telah ditulis sesuai dengan template (Link) melalui situs web OJS jurnal https://journal.unesa.ac.id/index.php/inkredibel/login

 

PERSIAPAN NASKAH

Judul

Judul harus menggambarkan isi artikel, ditulis secara ringkas, jelas, maksimal 20 kata; Setiap kata diawali dengan huruf kapital kecuali kata penghubung.

Penulis (Kepengarangan)

Penulis atau penulis (lebih dari satu orang) berkontribusi secara langsung dan signifikan dalam penelitian dan publikasi artikel, seperti yang dinyatakan dalam Surat Persetujuan. Semua nama penulis ditulis dengan jelas; penulis pertama ditulis paling awal dan berturut-turut penulis kedua, ketiga, dan seterusnya sesuai dengan kontribusi yang diberikan pada penyusunan artikel. Jika nama terlalu panjang, dapat disingkat, tetapi nama belakang harus ditulis lengkap. Contoh: Isna Setya Wati dapat ditulis I.S . Wati atau Isna S. Wati, tetapi tidak boleh ditulis Isna Setya W. atau Isna S.W.

Abstrak

Abstrak berisi intisari dari artikel, berisi pendahuluan (1-2 kalimat pendek), tujuan, metode termasuk metode analisis, hasil dan ringkasan pembahasan (kesimpulan) dan diakhiri dengan implikasi hasil penelitian. Abstrak tidak diperkenankan memuat referensi pustaka. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf dan diharapkan tidak lebih dari 250 kata. Pada akhir abstrak, 3-5 kata kunci dicantumkan dalam urutan abjad, antara kata atau frasa yang satu dengan lainnya diberi tanda “;”.

Pendahuluan

Bagian pendahuluan harus ditulis dengan cara yang dapat diakses oleh peneliti yang tidak memiliki pengetahuan khusus di bidang tersebut. Pendahuluan harus berisi latar belakang penelitian. Tunjukkan “state of the art” penelitian dengan meninjau penelitian serupa yang telah dilakukan sebelumnya dan memaparkan secara jelas perbedaan penelitian yang dilakukan dengan penelitian sebelumnya serta menonjolkan kekhasan/kebaruan penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, bagian ini harus berisi kutipan yang memadai. Kutipan menggunakan sistem nama dan tahun yang mengacu pada APA 7th Edition Style. Silakan gunakan reference manager Mendeley. Selain itu, jelaskan juga analisis kesenjangan yang menunjukkan urgensi dari penelitian ini. Di akhir uraian pendahuluan, nyatakan dengan jelas tujuan penelitian. Pada short communication tergambar paparan awal penelitian dan kelanjutan dari penelitian berikutnya. Pada article literature review tergambar temuan yang akan didapat dari kajian artikel peneliti/penulis lain.

Bahan dan Metode

Bagian ini berisi penjelasan mengenai bahan dan alat yang digunakan, termasuk perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang digunakan, waktu, tempat, teknik dan metode penelitian, serta metode analisis data untuk research article dan short communication. Alat-alat yang biasa digunakan tidak perlu disebutkan secara spesifik, tetapi yang harus dicantumkan adalah alat uji, yaitu disebutkan jenis atau spesifikasinya, tetapi tidak disebutkan mereknya.  Alat dan bahan tidak perlu dirinci dalam paragraf khusus, tetapi disebutkan pada saat menjelaskan metode atau prosedur kerja. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin sehingga peneliti lain dapat memverifikasinya. Referensi diberikan untuk metode yang kurang dikenal. Metode analisis data harus dicantumkan. Pada article literature review harus mencantumkan secara rinci proses seleksi artikel terpilih yang direview.

Hasil dan Pembahasan

Bagian hasil harus memberikan rincian dari semua eksperimen yang diperlukan untuk mendukung kesimpulan makalah. Tidak ada batasan kata tertentu untuk bagian ini, tetapi rincian eksperimen yang tidak sesuai dengan tujuan utama artikel dan mengurangi fokus artikel tidak boleh disertakan. Bagian ini dapat dibagi menjadi beberapa subbagian, masing-masing dengan subjudul yang ringkas. Kumpulan data yang besar, termasuk data mentah, harus diserahkan sebagai file pendukung; ini dipublikasikan secara online bersama artikel yang diterima. Bagian pembahasan harus menyajikan analisis komprehensif dari hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian sebelumnya. Pembahasan ditulis terintegrasi dengan hasil.

 

 

 Kesimpulan

Bagian kesimpulan harus menunjukkan pentingnya artikel , penyelesaian masalah yang diangkat dalam artikel, dan menunjukkan kesenjangan yang masih ada dalam pengetahuan dengan menyarankan isu-isu untuk penelitian lebih lanjut.

 

 Ucapan terima kasih

Penulis harus mencantumkan sumber pendanaan untuk penelitian dan penulisan artikel dan pihak-pihak yang berkontribusi untuk terwujudnya artikel selain person-person yang dituliskan sebagai penulis artikel.

Referensi

Daftar pustaka berisi semua referensi yang dikutip atau dirujuk secara langsung dalam naskah. Ditulis dalam urutan abjad yang mengacu pada gaya APA 7th Edition. Penulis disarankan untuk menggunakan pengelola referensi Mendeley. Pustaka yang digunakan diutamakan berupa literatur primer (artikel jurnal ilmiah) dan mutakhir (terbitan sepuluh tahun terakhir).

 

Artikel Jurnal Elektronik mempunyai DOI

Ambarwati, R., & Faizah, U. (2017). Colour and morphometric variation of donacid bivalves from Nepa Beach, Madura Island, Indonesia. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 9(3), 466–473. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v9i3.11267

 

Ambarwati, R., Rahayu, D. A., Rachmadiarti, F., & Khaleyla, F. (2021). DNA barcoding of lamp shells (Brachiopoda: Lingula anatina) from Probolinggo, East Java, Indonesia.

Biodiversitas, 22(4), 1764–1774. https://doi.org/10.13057/biodiv/d220421

 

Tan, K. S., Tan, S. H. M., Sanpanich, K., Duangdee, T., & Ambarwati, R. (2021). Taxonomic re- description and relationships of two mat-forming mussels from the Indo-Pacific region, with a proposed new genus. Phuket Marine Biological Center Research Bulletin, 78, 77– 115. https://doi.org/10.14456/pmbcrb.2021.7

 

 

 

 

Artikel Jurnal Elektronik tanpa DOI

Juniar, A., Ambarwati, R., & Rahayu, D. (2021). Genetic identification of Clithon oualaniense (Gastropoda: Neritidae) from Madura, Indonesia. AACL Bioflux, 14(2), 1046–1056. http://bioflux.com.ro/docs/2021.1046-1056.pdf

 

Artikel Jurnal dengan judul selain Bahasa Inggris

Wijaya, V. M., & Ambarwati, R. (2021). Kemelimpahan dan Food Safety Bivalvia Edible di Pantai Kecamatan Sreseh, Madura. [Abundance and Food Safety of Edible Bivalves at Sreseh Beach, Madura] LenteraBio, 10(1), 58–66. https://journal31.unesa.ac.id/index.php/lenterabio/article/view/11712

 

Article di dalam prosiding seminar

Ambarwati, R., Purnomo, T., Fitrihidajati, H., Rachmadiarti, F., Rahayu, D. A., & Faizah, U. (2021). Morphological Variations of Meretrix sp. from Bancaran, Madura, Indonesia. Advances in Engineering Research Volume 209, 214–217. https://www.atlantis- press.com/article/125966453.pdf

 

Rahardjanto, A., Tosiyana, V. R., Husamah, H., & Miharja, F. J. (2020). Diversity of molluscs in the mangrove forest area of Cengkrong Beach-Trenggalek. AIP Conference Proceedings, 2231(April). https://doi.org/10.1063/5.0002618

 

Artikel di dalam buku (Book Chapter)

Poutiers, J. M. (1998). Bivalves (Acephala, Lamellibranchia, Pelecypoda). In K. E. Carpenter &

  1. H. Niem (Eds.), FAO Species Identification Guide for Fishery Purposes; The Living Marine Resources of the Western Central Pacific Volume 1. FAO.

 

Buku Lengkap

Dharma, B. (2005). Recent and Fossil Indonesian Shells. Conchbooks.

Huber, M. (2010). Compendium of Bivalves. A Full-Color Guide to 3,300 of the World’s Marine

Bivalves. A Status on Bivalvia After 250 Years of Research. Conchbooks.

 

Halaman Web

MolluscaBase Eds. (2021). MolluscaBase. Meretrix Lamarck, 1799. Accessed through: World Register of Marine Species at: http://www.marinespecies.org/aphia.php?p=taxdetails&id=204011.