IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KEREK
Keywords:
problem based learning, berpikir kritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis siswa di MA Salafiyah Kerek masih rendah, hal tersebut akan berpengaruh dan memberikan dampak terhadap hasil belajarnya. Di dalam proses pembelajaran, metode yang tidak berpusat pada guru akan meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir. Salah satu metode yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa saat mengimplementasikan model PBL (Problem Based Learning). Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Salafiyah Kerek semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes asesmen untuk mengukur ketercapaian indikator berpikir kritis siswa, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model PBL (Problem Based Learning) terlihat adanya peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, bisa disimpulkan dalam penelitian ini, bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Salafiyah Kerek pada materi biologi ekosistem.

