VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN HASIL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS TEM-PJBL PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA DENGAN KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Validitas, Kepraktisan, Media Pembelajaran, Goggle SiteAbstract
Mata pelajaran biologi yakni materi invertebrata tergolong sulit dikuasai karena tingkat keanekaragaman makhluk hidup yang sangat bervariasi, apalagi adanya kurikulum Merdeka membuat waktu belajar di kelas menjadi semakin singkat, sehingga diperlukan media pembelajaran online sebagai alternatif pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran google sites pendekatan Science, Technology, Engineering, and Matemathics-Project Based Learning (STEM-PjBL) pada materi kelompok Invertebrata. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) yang dibatasi dengan implementasi terbatas. Kualitas media pembelajaran akan dinilai menggunakan instrumen penilaian berdasarkan skala Likert untuk reviewer (1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 3 orang peer reviewer, dan 2 orang guru biologi) dan skala Guttman untuk 15 peserta didik Kelas Khusus Olahraga (KKO) kelas X SMA Negeri I Sewon tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari pengambilan data yang telah dilakukan yaitu penilaian ahli materi sebesar 91,25%, penilaian ahli media sebesar 96,6667%, penilaian peer reviewer sebesar 82,6667%, penilaian guru biologi sebesar 86,8333%, dan respon peserta didik sebesar 94,3333%. Dengan demikian kualitas produk media pembelajaran yang sedang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

