PENERAPAN GAME SCRABBLE SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 22 SURABAYA
Keywords:
Kerja sama, Kooperatif, Scrabble SosiologiAbstract
Adanya proses adaptasi peserta didik baru dalam kelas membuat kemampuan kerja sama dan kolaborasi tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bekerja sama siswa pada pelajaran sosiologi dengan menerapkan pembelajaraan kooperatif berbasis games scrabble sosiologi. Adapun jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi maupun refleksi. Subjek penelitian ini berupa siswa kelas X-4 SMAN 22 Surabaya sebanyak 36 siswa dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerja sama secara keseluruhan dari pertemuan I (siklus I) sebesar 55% ke pertemuan II (siklus I) sebesar 64% dengan besar peningkatan 9% kemudian ke pertemuan III (siklus II) sebesar 77% dengan besar peningkatan 13%.

