PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM MENGAPRESIASI PUISI MELALUI MUSIKALISASI PUISI SISWA SMA KELAS X
Keywords:
penelitian tindakan kelas, media belajar digital, musikalisasi puisiAbstract
Musikalisasi puisi adalah salah satu metode yang bisa diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi. Penerapan pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) harus diterapkan secara menyeluruh akibat dari pergeseran pemahaman dengan paradigma pembelajaran baru yang membuat pembelajaran harus terintegrasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam mengapresiasi karya puisi dengan menggunakan pendekatan melalui pembelajaran musikalisasi puisi menggunakan Google Sites sebagai media belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan memadukan aspek motivasi Mariliyn K. Gowning serta peningkatan hasil belajar melalui komponen proses dan produk. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan baik motivasi maupun hasil belajar dari siklus ke-1 ke siklus-2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMAN 9 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi sampaiĀ 87,5% dan hasil belajar peserta didik yang meningkat dari tiga tahap berurutan (tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II) dengan nilai skor rata-rata 73,08 pada tahap prasiklus, skor rata-rata 82,06 pada siklus I, dan skor rata-rata 88,8 pada siklus II. Pada aspek penilaian kompetensi keterampilan, kelompok demonstrator musikalisasi puisi kelas X-4 mendapatkan skor rata-rata 90,04 (Sangat Baik). Simpulan penelitian adalah bahwa pembelajaran berjalan efektif terhadap peserta didik.

