IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X-9 SMAN 15 SURABAYA

Authors

  • Ayu Ni'matus Solikah Biologi, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Negeri Surabaya
  • Aini SMAN 15 Surabaya

Keywords:

PBL, Eksperimen, hasil belajar siswa

Abstract

SMAN 15 Surabaya sudah menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, namun hasil belajar siswa SMAN 15 Surabaya pada pembelajaran biologi masih perlu ditingkatkan. Variasi model yang diminati siswa dan yang sesuai karakteristik siswa perlu diterapkan supaya siswa lebih aktif dan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen pada peningkatan hasil belajar siswa kelas X-9 SMAN 15 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan pendekatan model Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 semester genap SMAN 15 Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Parameter yang diukur adalah ketuntasan belajar klasiskal (KBK) pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan tes. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif pada siklus 1 diperoleh KBK sebesar 83,33% dan pada siklus II sebesar 94,44%. Pada aspek afektif pada siklus I diperoleh KBK sebesar 90% dan pada siklus II sebesar 95,66%. Aspek psikomotor pada siklus I diperoleh KBK sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 93,29%. Dengan demikian, dapat disimpulkan implementasi Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 SMAN 15 Surabaya.

Downloads

Published

2024-07-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 0