PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X-1 SMAN 21 SURABAYA

Authors

  • Latifatul Izzah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Surabaya
  • Rusdiana Halim SMA Negeri 21 Surabaya
  • Yuliani Program Studi Pendidikan Biologi S2, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Media Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X-I SMAN melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan LKPD berbantuan media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan pada peserta didik kelas X-1 SMA Negeri Suarabaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 peserta didik, 17 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. peneliti melakukan dua siklus pada tahun ajaran 2024/2023 pada semester genap bulan Agustus 2023. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 49% menjadi 97% setelah siklus II. dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan E-LKPD berbantuan media Wordwall juga mengalami peningkatan keaktifan peserta didik yaitu sebesar 62% kategori aktif pada siklus 1 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 75% kategori sangat aktif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan E-LKPD berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi perubahan lingkungan.

Downloads

Published

2024-07-19

Issue

Section

Articles
Abstract views: 228 , PDF Downloads: 0