PEMANFAATAN LUMPUR LAPINDO SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN AMPLAS

Authors

  • Novita Listiyani Universitas Negeri Surabaya
  • Anggi Putra Dharmawan Universitas Negeri Surabaya
  • Fifi Afifah Universitas Negeri Surabaya
  • Sari Edi Cahyaningrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/icaj.v3n1.p24-27

Keywords:

Lumpur lapindo, Silika, dan Amplas

Abstract

 

Penelitian tentang pemanfaatan lumpur lapindo sebagai bahan baku pembuatan amplas telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jumlah silika, karakteristik, dan metode pembuatan amplas dari lumpur lapindo Untuk membuat amplas dari lumpur lapindo, dilakukan preparasi sampel, ektraksi menggunakan HCl 6M, menganalisis menggunakan XRD dan FTIR, serta pembuatan amplasnya.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil ektraksi silika menggunakan HCl 6M memiliki kandungan silika yang ditunjukkan dengan adanya gugus fungsi Si dengan O yang sangat kuat, sehingga amplas yang dibuat akan memiliki daya tarik yang kuat juga.

References

[1] Munasir, Ahmad Mirwan Abdullah, Triwikantoro. Sintesis Silika Amorf dari Bahan Alam Lumpur Sidoarjo dengan Metode Kopresipitasi. Prosiding Seminar Nasional UNNES. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2010.
[2] Mungkono dan Triwulan. Bahan Bangunan dari Lumpur Lapindo Aman Bagi Kesehatan. Surabaya: ITS. 2006.
[3] A. P.K. Jal, M. Sudarshan, A. Saha, Sabita Patel, B.K. Mishra. Synthesis and characterization of nanosilica prepared by precipitation method. England: Aspects. 2004.
[4] Rawtani, A.V. & Rao, M.S. œSyntesis of ZSM-5 Zeolite Using Silica from Rice Husk Ash. India Engineering Chemistry Resources, 28: 1411-1414. 1989.
[5] Rosmawati, A. Studi Prosedur Preparasi Gel pada Sintesis Aerogel Silika dari Lumpur Sidoarjo. Skripsi. Malang: FMIPA Universitas Brawijaya. 2012.

Downloads

Published

2019-11-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 845 , PDF Downloads: 2384