PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DIDIK BERBASIS METODE EKSTEMPORAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Kata Kunci:
Metode ekstemporan, Keterampilan berbicara, Pengetahuan, SiswaAbstrak
Keterampilan berbicara pada tingkat sekolah menengah mengajarkan anak didik bagaimana berbicara di depan umum. Langkah pertama yang perlu dilakukan guru ialah menerapkan beragam pengetahuan tentang keterampilan berbicara agar siswa benar-benar memahami apa yang akan disampaikannya kepada orang lain. Siswa dapat menyajikan informasi yang faktual, faktual, dan komunikatif kepada orang lain apabila mempunyai pandangan yang holistik, yang diperoleh dari berbagai sumber. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk memahami dan mengukur perkembangan anak didik dalam keterampilan berbicara di tingkat sekolah menengah. Ada empat metode yang dapat digunakan siswa untuk berbicara. Salah satu metode yang paling umum digunakan adalah metode improvisasi. Metode ekstemporan ini, hanya menyiapkan garis-garis besar dari tema atau materi yang akan disampaikan kepada pendengar. Kemudian garis-garis besar itu, siswa kembangkan sendiri dengan kemampuan intelektual yang dimiliki siswa. Metode ekstemporan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan kemampuan keterampilan siswa dalam berbicara. Faktor kebahasaan dan faktor nonkebahasaan juga sangat menunjang keefektifan siswa dalam berbicara. Sehingga faktor-faktor itu harus diperhatikan oleh siswa ketika berbicara di depan khalayak.
Katakunci: metode ekstemporan, keterampilan berbicara, pengetahuan, siswa.
Referensi
Anwar Gentasri. (2003). Teknik dan Seni Berpidato. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar G. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Aryani, A., Faqih, A., Isaak, M. R., Susanto, R., Islaila, S. N., & Mahara, U. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Berpidato. KENDURI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 13-18. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.699
AZIZAH, F. U. N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM DI KELAS IV SD NEGERI 4 TUNJUNGSETO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO). https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9718
Bukian, P. A. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian kinerja keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ika, 15(2), 133-145. https://doi.org/10.23887/ika.v15i2.20191
Dinni, M. Z. Pengaruh Keterampilan Berbicara dalam Pidato Persuasif dengan Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here pada Siswa Kelas IX A MtsS At-Taqwa Lubang Buaya Setu Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63730
E.Z. Arifin, Tasai, S.A. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademi Pressindo.
FAUZIA, D. P. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS VA SD NEGERI 1 PAJERUKAN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1860
Fauzia, D. P., Badarudin, B., & Supriatna, S. (2019). PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1860
INDONESIA, M. P. B., & TSANAWIYAH, M. (2020). TEKS PIDATO PERSUASIF.
Naufal, A. (2021). Penerapan Metode Ekstemporan dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMPN 2 Sampang (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA). http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1599
Putra Bahar. (2010). Seni Pidato 7 Langkah Sukses Membawakan Pidato. Tanggerang: Sunshine Book.
Sabila, Amy. (2015). KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN METODE EKSTEMPORAN. Jurnal Pesona, 1(1), 28-41. https://doi.org/10.52657/jp.v1i1.75
Sapitri, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpidato terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX-A MTs Khazanah Kebajikan Tahun Pelajaran 2018/2019 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49509
Sardiyah, N. (2019). KEMAMPUAN MEMBACA TEKS PIDATO SEBAGAI SALAH SATU BENTUK MEMBACA TEKNIK. https://doi.org/10.31227/osf.io/5hbvq
Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Tabelessy, N. (2020). Keterampilan Berbicara Berbasis Metode Ekstemporan Bagi Siswa SMP. iurnal Tahuri, 17(1), 8-15. http://dx.doi.org/10.30598/tahurivol17issue1page8-15
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waruwu, S. (2022). Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 (Mengamati, Menirukan, Memodifikasi) Untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 326-333. http://dx.doi.org/10.56248/educativo.v1i1.57
Wati, N. N. K., Lestari, N. A. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis pendekatan cbsa dan pembelajaran berdeferensiasi dalam pembelajaran bahasa indonesia. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 255-264. https://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.69035
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

