IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKULIAHAN CYBER BUSINESS MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PIGNATELLI TRIPUTRA ANGKATAN 2022

Penulis

Kata Kunci:

Pembelajaran berbasis proyek, Hasil belajar, Cyber bussiness, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan model Project Based Learning
perkuliahan Cyber Business bagi Mahasiswa Sistem Informasi Unversitas Pignatelli Triputra Angkatan
2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Pretest-Postest Design. Subyek
penelitian terdiri dari satu kelas yang terdiri dari 18 mahasiswa. Proses pengujian dilakukan dengan
menerapkan perkuliahaan konvensional yang dilakukan dari awal kuliah hingga ujian tengah semester, dan
kemudian menggunakan metode project based learning hingga ujian akhir semester. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, serta hasil uji hipotesis menggunakan uji T
menunjukkan bahwa penggunaan model perkuliahan project based learning memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar bila dibandingkan dengan model perkuliahaan secara konvensional.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning mampu
meningkatkan hasil belajar secara efektif oleh mahasiswa Sistem Informasi Universtitas Pignateli Triputra
Angkatan 2022 pada matakuliah Cyber Business. Model perkuliahan atau pembelajaran ini dapat dijadikan
sebagai alternatif bagi dosen, guru dan sekolah dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih
efektif, kreatif dan inovatif.

Referensi

Akbaş Tuna, A., & Türkmendağ, Z. (2022). Cyber business management. In Conflict Management in Digital Business: New Strategy and Approach. https://doi.org/10.1108/978-1-80262-773-220221026

As Salafy, Y. W., & Susanah, S. (2022). Perbandingan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan Pembelajaran Konvensional. MATHEdunesa, 11(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p302-310

Chen, S. Y., Lai, C. F., Lai, Y. H., & Su, Y. S. (2022). Effect of project-based learning on development of students’ creative thinking. International Journal of Electrical Engineering and Education, 59(3). https://doi.org/10.1177/0020720919846808

Daniar Pramita, R. W., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Widya Gama Press.

Endang, W. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). In Bumi Aksara.

Evans, M. A. (2022). ENTERPRISE CYBERSECURITY IN DIGITAL BUSINESS: Building a Cyber Resilient Organization. In Enterprise Cybersecurity in Digital Business: Building a Cyber Resilient Organization. https://doi.org/10.4324/9781003052616

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Febrianto, A. R., & Susanto, A. I. F. (2023). EFL Students’ Reflections on their Language Learning Shifts: Before, During, and After COVID-19. Journal of Asia TEFL, 20(1). https://doi.org/10.18823/asiatefl.2023.20.1.7.106

Handoyono, N. A., & Rabiman, R. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR LAS LANJUT DENGAN MENERAPKAN METODE PROJECT- BASED LEARNING. TAMAN VOKASI, 5(2). https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i2.2476

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). STRES AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA SAMBIL KULIAH. Jurnal Psikologi, 11(2). https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7). https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036

Mkansi, M. (2022). E-business adoption costs and strategies for retail micro businesses. Electronic Commerce Research, 22(4). https://doi.org/10.1007/s10660-020-09448-7

Mumpuniarti, M. (2021). Persepsi dan pengembangan peta kognitif mahasiswa dalam blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.25787

Muruwae, A. (2022). Telaah Hasil Belajar: Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif. In CV literasi Nusantara Abadi.

Rondonuwu, Y. V., Hidayatullah, S., & Sisharini, N. (2022). The Effect of the Employee Information System Implementation on User Satisfaction Mediated by Internet Facilities at PT Kemajuan Industrindo Malang. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(8).

Ummah, S. K., Inam, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating manipulatives: Improving students’ creativity through project-based learning. Journal on Mathematics Education, 10(1). https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5093.93-102

Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Wang, S. (2022). Critical Thinking Development Through Project-Based Learning. Journal of Language Teaching and Research, 13(5). https://doi.org/10.17507/jltr.1305.13

Wariani, T., & Hayon, V. H. B. (2023). Kajian Tentang Keaktifan, Hasil Belajar, dan Produk yang Dihasilkan Mahasiswa Pada Perkuliahan yang Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(2). https://doi.org/10.31605/ijes.v5i2.2371

Yang, D., Snelson, C., & Feng, S. (2023). Identifying computational thinking in students through project-based problem-solving activities. Information Discovery and Delivery, 51(3). https://doi.org/10.1108/IDD-09-2022-0091.

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Rondonuwu, Y. V. (2024). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKULIAHAN CYBER BUSINESS MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PIGNATELLI TRIPUTRA ANGKATAN 2022 . Educational Technology Journal, 4(2), 30–35. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/30206
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 25