PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN GERAK DASAR MEMUKUL BOLA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MAPEL PJOK DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR KRAMAT PELA 09)

Penulis

  • wangi ulandari Universitas Negerii Jakarta
  • Rosinar Siregar Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Modifikasi permainan, Pengembangan gerak dasar, Memukul bola, Bola Kasti, PJOK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mendalami proses pelaksanaan pendekatan pembelajaran modifikasi permainan sebagi solusi alternatif dalam mengembangkan gerak dasar memukul bola berdasarkan penilitian yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di SDN Kramat Pela 09 pagi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian yang peneliti temukan di lapangan, 6 dari 10 siswa menyebutkan bahwa mereka lebih menyukai permainan bola kasti modifikasi dibandingkan dengan bola kasti yang biasa digunakan. Selain itu, siswa juga lebih menyukai permainan bola kasti modikasi karena jumlah orang dalam satu tim lebih sedikit dibandigkan denga permainan bola kasti biasa, hal tersebut juga membuat lapangan yang digunakan lebih kecil sehingga siswa tidak perlu berlari sejauh permainan bola kasti biasa. Permainan juga dilakukan dengan luas lapangan yang digunakan lebih kecil dibandingkan dengan lapangan pada bola kasti biasa.

 

Katakunci: Modifikasi Permainan; Pengembangan Gerak Dasar; Memukul Bola, Bola Kasti, PJOK.

Referensi

Abdullah. (2017). Approaches and Learning Models that Enable SiswA. Nurul Jadid Paiton Institute of Islamic Religion Probolinggo. 01(01).

Bakhtiar, Syahrial. (2015). Designing Children's Basic Movement Learning. Padang : UNP Press Padang.

Bambang Sujiono, M.S Sumatri, and Titi Chandrawati. (2016). Motor Development of Kindergarten Children, Physical Development Methods.

Faridah, Eva. (2016). Teaching Physical Education Through Games. Creative ideas optimize pedagogical aspects. 15(2).

Rahyubi in Julianur, Taufik Hidayah & Oktia Woro Kasmini Handayani. (2017). The Effect of Game Method and Intelligence Quotient (IQ) on Manipulative Basic Movement Ability in Early Childhood Education (PAUD) Students. Journal of Physical education and sports.

Saryono. (2008). Principles and Applications in the Modification of Facilities and Infrastructure of the National Gymnastics. Indonesian Journal of Physical Education. 5(1).

Sugiyon. (2012). Qualitative Quantitative Research Methods and R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiradihardja, Sudrajad. (2016). Motor development. Jakarta: CV Alumgadan Mandiri.

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

ulandari, wangi, Siregar, R., & Sumantri, S. (2024). PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN GERAK DASAR MEMUKUL BOLA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MAPEL PJOK DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR KRAMAT PELA 09). Educational Technology Journal, 4(2), 18–23. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/26526
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 46