PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD, TGT, DAN KOMBINASI STAD-TGT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TKR KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKKR

Penulis

  • Bunga Rahmania Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ikhsanudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sulaeman Deni Ramdani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Eksperimen, Hasil belajar, Kombinasi STAD-TGT, STAD, TGT

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dengan model STAD, TGT, dan kombinasi STAD-TGT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah SMKN 1 Ciruas dan SMK PGRI 1 Serang yang berjumlah 3 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh melalui analisis deskriptif dengan rata-rata hasil belajar menggunakan model STAD sebesar 58,33 dengan kategori hasil belajar cukup, rata-rata hasil belajar menggunakan model TGT 54,47 sebesar dengan kategori hasil belajar cukup, sedangkan rata-rata hasil belajar menggunakan model kombinasi STAD-TGT sebesar 65,29 dengan kategori hasil belajar baik. Berdasarkan analisis deskriptif disimpulkan bahwa hasil belajar model kombinasi STAD-TGT memperoleh nilai rata-rata tertinggi. Namun, perbedaan tersebut tidak signifikan, dibuktikan dengan uji Tukey HSD menghasilkan bahwa model kombinasi STAD-TGT dengan model STAD tidak memiliki perbedaan hasil belajar dimana perolehan nilai Sig. 0,447, sedangkan perbedaan tersebut terjadi secara signifikan antara model kombinasi STAD-TGT dengan model TGT yang dimana terdapat perbedaan hasil belajar dengan perolehan nilai Sig. 0,027.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model kombinasi STAD-TGT secara urutan lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR.

Katakunci: eksperimen; hasil belajar; Kombinasi STAD-TGT; STAD; TGT.

Referensi

Aka, K. A. (2015). Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Studi pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran di SDN Bendo 1, Kec. Pare, Kab. Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 103–111.

Andi Setiawan, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran/CPhqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=belajar+dan+pembelajaran+andi+setiawan&pg=PR1&printsec=frontcover

Butar-Butar, N., Mursid, R., & Tanjung, S. (2022, December 9). The Effect of STAD Type Cooperative Learning Model with TGT Type and Achievement Motivation on Economic Learning Outcomes. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324807

Elisa, E. (2021, May 31). Permasalahan dalam Pendidikan Kejuruan. https://educhannel.id/blog/artikel/permasalahan-dalam-pendidikan-kejuruan.html

Handayani, S. (2019). Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter (Fungky, Ed.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Model_Pembelajaran_Speaking_Tipe_ST/NDWODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Hasmyati, & Suwardi. (2018). Experimentation of Cooperative Learning Model STAD-TGT Type against Students’ Learning Results. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012090

Kemdikbud. (2018, February 1). Terobosan Model Pembelajaran di SMK. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/02/terobosan-model-pembelajaran-di-smk#:~:text=Tujuan%20pendidikan%20di%20SMK%20adalah,percepatan%20dan%20peningkatan%20kompetensi%20siswa.

Marfuah, I. (2016). Pendidikan Kejuruan.

Melac, M. (2022, February 24). Why is Learning Important? A Deep Dive Into the Benefits of Being a Lifelong Learner. https://www.learnerbly.com/articles/why-is-learning-important

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Nurcahyo, A., & Arif, S. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS diintegrasikan dengan Pembelajaran Kooperatif STAD. Global Aksara Pers.

Parimita, W., Widyastuti, U., & Lestari, M. N. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Dikombinasikan dengan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Kelas X SMK Karya Ekopin di Jakarta Timur.

Rosyada, D. (2016, August 25). Antara Pendidikan dan Pembelajaran. https://www.uinjkt.ac.id/antara-pendidikan-dan-pembelajaran/

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Press.

Rusyanto. (2021). TGT (Teams Game Tournament) dalam Pembelajaran IPS. Penerbit NEM. TGT (Teams Game Tournament) dalam Pembelajaran IPS

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran (Y. Nur Indah Sari, Ed.). PT Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Kurikulum_dan_Pembelajaran/GeNwEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Manajemen+Kurikulum+dan+Pembelajaran+triwiyanto+2015&pg=PR4&printsec=frontcover&bshm=bshwcqp/1

Usman Aje, A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) & Team Games Tournament (TGT) (Safrinal, Ed.). CV AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=VjB-EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering Students’ Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-11

Cara Mengutip

Rahmania, B., Ikhsanudin, & Sulaeman Deni Ramdani. (2023). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD, TGT, DAN KOMBINASI STAD-TGT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TKR KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKKR . Educational Technology Journal, 3(2), 33–39. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/26414
Abstract views: 97 , PDF Downloads: 129