PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN TEMA 7 KELAS IV SD

Penulis

  • Tri Widiastuti Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Otib Satibi Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Evita Adnan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Pocket book digital, PPKN, Tema indahnya keragaman di negeriku

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media berupa pocket book digital berbasis PBL pada pembelajaran PPKn Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analisis, Rancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Uji coba validasi produk pada penelitian ini melibatkan tiga orang ahli, yaitu pada ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Selain tiga para ahli tersebut, pengembangan ini melibatkan siswa dan guru kelas IV SDIT Cendekia Islamic School Bekasi dalam uji coba validasi produk. Pengumpulan  informasi pada penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama guru dan siswa kelas IV serta kuesioner. Hasil validasi ahli materi adalah 77,8%, ahli bahasa 85,4%, dan ahli media 88,75%. Sehingga memperoleh  keseluruhan hasil validasi uji ahli dengan rata-rata adalah 83,98%. Hasil uji coba produk pada One To One  81,3%, Small Group 86%, dan Field Test 91,3%, serta hasil validasi oleh guru adalah 91%. Dengan demikian, hal tersebut menunjukkan bahwa media pocket book digital berbasis PBL layak untuk digunakan sebagai media belajar tambahan pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Referensi

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: KENCANA

F Cala-Riquelme. (2021). Autodesk Sketchbook: An application that minimizes time and maximizes results of taxonomic drawing, Zootaxa 49963 (3), 577-586.

Febriadi, Bayu dan Nurliana Nasution. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Invotek Polbeng. 2(1) : 69.

Ismaun, dkk. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSONAL BRANDING MELALUI APLIKASI CAPCUT VIDEO EDITOR PADA ANGGOTA KAWAO ART MANAGEMENT, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Teknik Informatika, Universitas Sulawesi Barat. 2(2). 79.

Maryati, Iyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII SMP. Jurnal Mosharafa. 7(1), 65.

Pusparani, Yori, dkk. (2021). PELATIHAN ADOBE INDESIGN PADA GURU SMKN 58 UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PRODUKTIF, ARTINARA, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur, 1(1), 23-27

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Reaserch & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suharyanto, Agung. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2(1), 192-203.

Sutarti, Tatik dan Edi Irawan. (2017). KIAT SUKSES MERAIH HIBAH PENELITIAN PENGEMBANGAN. Yogyakarta: Deepublish.

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Widiastuti, T., Hidayat, O. S., & Adnan, E. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN TEMA 7 KELAS IV SD. Educational Technology Journal, 4(2). Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/26348
Abstract views: 161 , PDF Downloads: 147