PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PROSEDUR KERJA ANIMASI 2D MATA PELAJARAN ANIMASI 2D KELAS XI ANIMASI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Penulis

  • Indonesia Indonesia Universitas Negeri Surabaya
  • Lamijan Hadi Susarno Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, Games

Abstrak

Tujuan dari pengembangan media multimedia interaktif berbasis games ini guna mengetahui kelayakan media multimedia interaktif berbasis games untuk di sajikan pada materi pelajaran prosedur kerja animasi 2D dan mengetahui keefektifan media multimedia interaktif berbasis game dalam proses pembelajaran materi prosedur kerja animasi 2D kelas XI Animasi di SMKN 2 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model ADDIE dengan subjek uji coba peserta didik kelas XI Animasi SMKN 2 Surabaya. Data kelayakan media diperoleh dari hasil instrumen validasi ahli desain pembelajaran, materi dan  media, serta uji coba produk perorangan, kelompok kecil dan lapangan. Data keefektifan media diperoleh dari hasil nilai pretes dan post tes yang telah melalui analisis data uji t. Dari analisis data uji t diperoleh hasil t hitung 17,57 dan t tabel 1,995 menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel. Sehingga, dapat disimpulkan dari hasil yang didapatkan, menunjukkan media multimedia inetarktif berbasis game materi prosedur kerja animasi 2D layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran materi prosedur kerja animasi 2D dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi prosedur kerja animasi 2D kelas XI di SMKN 2 Surabaya

Referensi

Danaswari, C., & Gafur, A. (2018). Multimedia Pembelajaran Berbasis Games pada Mata Pelajaran Akuntansi SMA untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 204–218.

Hasan, M., Supatminingsih, T., & Sudirman. (2020) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 3(1), 78-93.

Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-11

Cara Mengutip

Indonesia, I., & Susarno, L. H. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PROSEDUR KERJA ANIMASI 2D MATA PELAJARAN ANIMASI 2D KELAS XI ANIMASI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Educational Technology Journal, 3(2), 27–32. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/23456
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 71