PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PEMASARAN PRODUK MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII MULTIMEDIA SMKN 1 SURABAYA

Penulis

  • Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Sugiharto Setyaedhi Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Media Sosial, Instagram, Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran pada materi pemasaran produk di jurusan multimedia SMKN 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk uji keabsahan data menggunakan uji Credibilty (Validitas Internal) dan uji Transferability (Validitas Eksternal). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Multimedia. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, pengetahuan narasumber terkait media sosial Instagram, dan kuantitas pemberian tugas proyek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik mampu memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk melakukan pemasaran dan promosi produk, dengan memberikan referensi terbaru kepada peserta didik dapat memberikan rangsangan terhadap kreativitas mereka, dalam implikasi pengerjaan proyek menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.

Referensi

AECT. (2008). Domain of Educational Technology. Washington: AECT.

Ambarsari, Z. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Pada Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 81-85.

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian. Prosiding SAGA, 242-246.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Edukasi, S. (2022, Juli 21). Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK MAK Lengkap. Dipetik Oktober 3, 2022, dari https://www.berkasedukasi.com/2022/07/buku-produk-kreatif-dan-kewirausahaan.html

Fujiawati, F. S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 32-44.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.

Lapu, B. (2012). Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

McQuail, D. (2012). Teori Komunikasi Massa. Surabaya: Salemba Humanika.

Mila. (2018). Pengembangan Media Multi Representasi Berbasis Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring. Skripsi, 17-22.

Moelong, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Nanda, W. S. (2022). Dalam Pemanfaatan Media Sosial Youtube Sebagai Media Pembelajaran Editing Video di Kalangan Anggota Audio Visual di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (hal. 15-18).

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif, Komunikasi Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbios Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2015). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurhalimah, S. (2019). Media Sosial dan Masyarakat Pesisir : Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Purnama, H. (2011). Media Sosial di Era Pemasaran 3.0 Corporate and Marketing Communication. Jakarta.

Putri Dewi Anggraini, d. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 294-295.

Rianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Komunikasi Universitas Islam Indonesia.

Riko, d. (2020). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. JCES (Journal of Character Education Society), 258-266.

Rizaty, M. A. (2022, Agustus 3). Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. Dipetik Oktober 4, 2022, dari DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia

Robinson Situmorang, d. (2006). Kawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Selwyn, N. (2009). Dalam Faceworking: exploring students' education-related use of Facebook. Learning Media and Technology (hal. 157-174).

Setiawan, R. (2013). Kekuatan New Media Dalam Membentuk Budaya Populer Di Indonesia. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan.

Soegoto, E. S. (2009). Entrepreneurship menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soeprapto. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Solehudin, M. (2019). Dalam The Influence of Creative Learning Assisted by Instagram to Improve Middle School Students' Learning Outcomes of Graphic Design Subject (hal. 849-865).

Sugiyono. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sulistyoningrum, T. (2020). Teknik Pengolahan Audio dan Video. Surakarta: CV Putra Nugraha.

Surabaya, S. N. (2021). Profil Jurusan Multimedia. Dipetik Oktober 4, 2022, dari http://www.smkn1-sby.sch.id/jurusan/profil/4

Wati, R. E. (2008). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Solusi Distribusi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-11

Cara Mengutip

Bahasa Indonesia, & Setyaedhi, H. S. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PEMASARAN PRODUK MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII MULTIMEDIA SMKN 1 SURABAYA. Educational Technology Journal, 3(2), 7–14. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/23455
Abstract views: 171 , PDF Downloads: 223