PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK KETINTANG SURABAYA
Kata Kunci:
Pemanfaatan, Make A Match, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia di SMK Ketintang Surabaya pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sementara kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru dan peserta didik. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data homogen. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Ketintang Surabaya. Model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.
Referensi
Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharismi & Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta didik. Studi Kemahapeserta didikan, 1(1), 1–13.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar
Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Imas Kurniasih & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena
Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kosilah & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmu Penelitian, 1(6).
Nurhalizah, M. (2020). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. 09, 1–9.
Permendikbud. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Pratiwi, Rina Hidayati. (2018). Metode Pembelajaran “Make a Match” Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ipa . Florea Volume 5 No. 1, Mei 2018.
Riyanti, Nisrohah Neni & Abdullah, M. Husni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD, Vol 06 No. 04 Tahun 2018, 440-450.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukerni, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Pada Tema Pengalamanku. Journal of Education Action Research, 4(1), 1.
Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Suprapta, Dewa Nyoman. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Inggris Peserta didik. Journal of education Action Research, Vol 4 No. 3 Tahun 2020, 240-246.
Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wijendra, I. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 240–246