PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KONSEP JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMKS KETINTANG SURABAYA

Penulis

  • Dea Alvanita Pangesti Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pengembangan, E-Modul, Konsep Jaringan Komputer, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul materi konsep jaringan komputer mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Prosedur pengembangan  yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Untuk menganalisis data dengan Uji Normalitas menggunakan pengujian F, Uji Homogenitas menggunakan rumus chi-kuadrat  dan Uji T-Test menggunakan rumus uji-t. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Grup Design. Berdasarkan hasil analisis data dari angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa e-modul materi konsep jaringan komputer termasuk dalam kategori layak dan baik digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa e-modul  efektif meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil Uji t, t hitung memperoleh hasil lebih besar dari t tabel yaitu 3,79 untuk t hitung dan 1,66 untuk t tabel. Dengan demikian e-modul materi konsep jaringan komputer mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia

Referensi

Arikunto, S. (2013). Proedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York.

Dewi, D. K., Pangesthi, L. T., Handajani, S., & Romadhoni, I. F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Kompetensi Dasar Puff Pastry Siswa Kelas XII SMK. 1(2).

Fikri, M. K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Pada Materi Rangka Batang Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(2).

Praspita&Rosy. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administasi Umum Di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Administasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504-515.

Setyawati, O. C., & KRISTANTO, A. (n.d.). Pengembangan Mobile Learning Materi Prinsip Tata Letak Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia Di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 3. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/32465%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/32465/29299

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-11

Cara Mengutip

Pangesti, D. A. ., & Mustaji, M. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KONSEP JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMKS KETINTANG SURABAYA. Educational Technology Journal, 3(2), 21–26. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/23452
Abstract views: 127 , PDF Downloads: 116