PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KONSEP JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMKS KETINTANG SURABAYA

Penulis

  • Dea Alvanita Pangesti Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pengembangan, E-Modul, Konsep Jaringan Komputer, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul materi konsep jaringan komputer mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Prosedur pengembangan  yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Untuk menganalisis data dengan Uji Normalitas menggunakan pengujian F, Uji Homogenitas menggunakan rumus chi-kuadrat  dan Uji T-Test menggunakan rumus uji-t. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Grup Design. Berdasarkan hasil analisis data dari angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa e-modul materi konsep jaringan komputer termasuk dalam kategori layak dan baik digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa e-modul  efektif meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil Uji t, t hitung memperoleh hasil lebih besar dari t tabel yaitu 3,79 untuk t hitung dan 1,66 untuk t tabel. Dengan demikian e-modul materi konsep jaringan komputer mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia

Referensi

Aini, K., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Strategi 5M Merdeka Belajar Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Ekonomi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 145–158. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5480

Arifin, Fakhrul Dr. Bachtiar S. Bachri, M. P. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Smartphone Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Materi Sismtem Operasi Dan Instalasi Software Di Smk Negeri 1 Kalitengah Lamongan. 1–9.

Arikunto, S. (2013). Proedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York.

Dewi, D. K., Pangesthi, L. T., Handajani, S., & Romadhoni, I. F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Kompetensi Dasar Puff Pastry Siswa Kelas XII SMK. 1(2).

Dianawati, I. A., & Suputra, I. N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas XII SMK. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3815–3825. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1557

Fikri, M. K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Pada Materi Rangka Batang Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(2).

Muanas, I., & Mariono, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Android Materi Buku Digital Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Di Smk Negeri 2 Sudimoro Pacitan. Jurnal Mahasiswa Teknologi …, 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/24031

Pendidikan, S., Elektro, T., Teknik, F., Sulistiyo, E., Elektro, T., Teknik, F., Elektro, T., & Teknik, F. (n.d.). PENGEMBANGAN E-MODUL BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN TEI PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 JABON Meini Sondang Sumbawati. 137–144.

Praspita&Rosy. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administasi Umum Di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Administasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504-515.

Safitri, S. A. N., Rijanto, T., Ningrum, L. E. C., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Pemrograman Dasar Bahasa C unruk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(3), 399–407.

Setyawati, O. C., & KRISTANTO, A. (n.d.). Pengembangan Mobile Learning Materi Prinsip Tata Letak Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia Di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 3. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/32465%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/32465/29299

Sulandjari, S., & Miranti, M. G. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Website Pada Kompetensi Dasar Kue Indonesia Dari Ketan Dan Tepung Ketan. Jurnal Tata Boga (JTB), 10(2), 380–388.

Syafi’i, N. I. M. N., & Mariono, A. (2022). Pengembangan Media E-Modul Untuk Materi Pendapatan Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. Journal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 12(2).

Tania, L., & Susilowibowo, J. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar eModul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal… PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA.

Utami, M. D., Sutiadiningsih, A., Purwidiani, N., & Miranti, M. G. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Sigil Pada Materi Daging Dan Hasil Olahannya Bagi Mahasiswa Sarjana Terapan Tata Boga. Jurnal Tata Boga, 11(2), 147–154. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/

Vianis, R. O., Wulandari, S. S., & Patrikha, F. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Mata Kuliah Komunikasi Perkantoran Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Di Unesa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(3), 362–369. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n3.p362-369

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Zunaizah, W., & Mariono, A. (2017). Pengambangan MODUL TENTANG JARINGAN HEWAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA NEGERI 22 SURABAYA. Jurnal Agrinika, 5(3), 1–2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-11

Cara Mengutip

Pangesti, D. A. ., & Mustaji, M. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KONSEP JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMKS KETINTANG SURABAYA. Educational Technology Journal, 3(2), 21–26. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/23452
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 40