PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF UNTUK ANAK DIDIK DI TK BUNGA BANGSA KECAMATAN PAKAL SURABAYA
Kata Kunci:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu HurufAbstrak
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk merancang pembelajaran yang efektif dengan membuat kartu huruf untuk anak usia taman kanak-kanak. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik TK Bunga Bangsa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu huruf meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan membantu peserta didik untuk dapat membaca permulaan. Pengembangan produk berupa kartu huruf ini didasari oleh kebutuhan produk dalam pembelajaran di TK Bunga Bangsa. Pengembangan produk ini menghasilkan produk kartu huruf yang diperlukan dalam pembelajaran di tingkat taman kanak-kanak dan diharapkan dapat dengan mudah dalam membantu peserta didik untuk dapat membaca permulaan. Kesimpulannya, pengembangan kartu huruf ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan membantu peserta didik untuk dapat membaca permulaan. Pengembangan produk ini juga telah melalui tahapan validasi dari ahli media dan ahli materi serta uji coba perorangan yang menunjukkan hasil yang positif.
Referensi
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910
Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2).
Anwar, R. B. (2011). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI (TINGKAT PRA SEKOLAH/TK) DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.24127/gdn.v1i1.354
Fitria, S., & Suparno, S. (2016). Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A program nusantara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6481
Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669
Komala. (2017). Stimulasi Melejitkan Potensi, Minat dan Bakat Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2).
M. Arifin, R. R. (2016). Mewujudkan Anak Usia Dini Yang Cerdas Dalam Memasuki Pendidikan Sekolah Dasar Sembilan Tahun. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2756
Megawati, C., Astini, D., Syahputra, I., & Zulkarnaini. (2022). Penggunaan Model ADDIE dalam Pengembangan Bahan Ajar. In BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, Issue 2).
Mudopar, M. (2018). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik: Pemerolehan Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun). Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.996
Nasution, N. K. (2020). Problematika Dan Solusi Dalam Perkembangan Anak Usia Dini (Aud) Di Tk Aisyiyah Busatanul Athfal Sapen Yogyakarta. Childhood Education?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.7-22
Raisa Bilqis Ramadhani, Hendra Setiawan. (2021). ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK BERDASARKAN ASPEK SEMANTIK. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 6(2). https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i2.731
Rohman, S. (2021). TELAAH KRITIS AYAT DAN HADIST TARBAWI Tentang PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Salek, N. L. (2017). PERANAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53827/lz.v1i1.4
Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKS IT MINA ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Subekti, A. S., Winardi, A., Wati, M., Ermerawati, A. B., Kurniawati, L. A., Endarto, I. T., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2022). Pelatihan bahasa Inggris bagi guru-guru SMA Bopkri 1 Yogyakarrta: Belajar tidak mengenal batas usia. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5).
Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751
Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2).
Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). ANALISIS FAKTOR OPTIMALISASI GOLDEN AGE ANAK USIA DINI STUDI KASUS DI KOTA CILEGON. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088
Trismanto. (2018). Ambiguitas dalam bahasa Indonesia. Bangun Rekaprima, 4(1).
Winangsih, N., & Masruroh, E. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Bahasa (Menyimak) Anak Usia 5-6 Tahun Sekecamatan Cangkuang. Islamic Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.54801/ijed.v1i1.85
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 394
,
PDF Downloads: 797




