PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN EDITING VIDEO SISWA SMK
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Editing Video, Hasil Belajar, Sekolah Menengah KejuruanAbstrak
Project Based Learning (PjBL) merupakan inovasi model pembelajaran terkini yang sengaja dirancang untuk menjembatani teori belajar dan praktek pembelajaran. khususnya yang berkaitan dengan kreatifitas, desain kerja dalam bentuk proyek-proyek yang berorientasi pada perolehan produk dan konsep dan untuk meningkatkan hasil belajar berupa keterampilan editing video peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan editing video pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video. Penelitian menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Subyek penelitian adalah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Multimedia sejumlah 68 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan tes untuk ketrampilan editing video. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata keterampilan editing video peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mencapai 82,53 sedangkan yang belajar menggunakan pembelajaran langsung (Direct Learning) yaitu 74,15. Hasil hipotesis penelitian menunjukkan selisih kedua angka tersebut terlihat perbedaan yang signifikan terhadap hasil keterampilan editing video.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto (Ed. Rev. VI, Cet. 14). Jakarta : Rineka Cipta 2011.
Buck Institute for Education (BIE). 2012. What is PBL? Retrieved form http://www.bie.org./about/what_is_pbl.
Brown, B. (2016). Cinematography : theory and practice, imagemaking for cinematographers and directors (Third edition). Routledge.
Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Pearson/Allyn and Bacon Publishers.
Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Implementation of Project Based Learning Model to Improve Learning Outcomes in Elementary School Students.
J. W. Thomas. (2000). A Review Of Research On Project-Based Learning. http://www.bie.org/index.php/site/RE/pbl_research/29
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alpabeta, 2013
Tuckman, B.W & Happer, B.E 2012. Conducting Educational Research.(6th Ed). Lamham: Rowman&Littefield Publishers. Inc
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

