PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL ANIMASI BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

Penulis

  • Cintya Febriyanda Wulandari Cintya Universitas Negeri Jakarta
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta
  • Imaningtyas Imaningtyas Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Animasi, Audi Visual, IPS, ADDIE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan audio visual animasi berbasis problem based learning pada pembelajaran IPS “Pahlawanku” sebagai video pembelajaran jarak jauh siswa kelas IV Sekolah Dasar. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Model Pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan modifikasi sampai tahap implementasi, dengan tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil rekapitulasi audio visual animasi berbasis problem based learning yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan nilai 98,21 %, ahli materi mendapatkan nilai 83,33%, dan ahli bahasa mendapatkan nilai 100%. Hasil rekapitulasi uji coba siswa kelas IV pada tahap one to one melibatkan 4 siswa dan 1 guru kelas mendapatkan nilai 89,5%. Oleh karena itu, audio visual animasi berbasis problem based learning dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Referensi

Ahmad Susanto. (2013:171) Teori Belajar Dan Pembelajaran DiSekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Amri, Sofan & Lif Khoiru Ahmadi. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas, Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmara, Anjar Purba. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: 15(1). ISSN 1411-612X ISSN-L 2355-6129.

Darmawaty Tarigan dan Sahat Siagian. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Infomasi & Komunikasi dalam Pendidikan: 2(2), hlm. 189.

Daryanto, D., dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Edy Surahman dan Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS: 4(1), hlm. 3. p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2460-7916.

Hasan, Said Hamid. 2013. Oktober 14-no.68). Perwara Dinamika: Pendidikan IPS nasib IPS di kurikulum 2013, 41.

Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia: Kopertis III. Standar perguruan tinggi dalam PP No, 19 tahun 2005.

Liliswanti, Riska., dkk. (2015). Peranan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan: 6(1), hlm. 104.

Purba, Ramen A, dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Prose Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 02 No. 01, p-ISSN:2620-9047, e-ISSN:2620-9071.

Saputra, Budiono. (2011). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Saputra, Targana Adi. (2016). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. EduHumanioraJurnal Pendidikan Dasar IPS: 1(2), hlm. 4. e-ISSN:2579-5457 p-ISSN:2085-1243.

Siska, Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS: Untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Syahfitri. (2011). Teknik Animasi dalam Dunia Komputer. Jurnal SAINTIKOM: 10(3), hlm. 1-3.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan: 2(2), hlm. 106. p-ISSN 2549-1725 e-ISSN 2549-4163.

Umamah. (2017). Pembelajaran Sejarah Kesiapannya MenghadapiTantangan Jaman. Paper Dosen Prodi Guruan Sejarah FKIP-UNEJ, hlm. 1-14.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-24

Cara Mengutip

Cintya, C. F. W., Marini, A., & Imaningtyas, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL ANIMASI BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD. Educational Technology Journal, 3(1), 29–39. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/21592
Abstract views: 351 , PDF Downloads: 837