PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

Penulis

  • Hari Sugiharto Setyaedhi Teknologi Pendidikan - Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p19-30

Kata Kunci:

Kurikulum, Media Pembelajaran, Peran

Abstrak

Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Seorang guru profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak didiknya, akan tetapi juga harus mampu mengembangkan dan memanfaatkan media dan sumber pembelajaran agar proses pembelajaran. Media dan sumber pembelajaran merupakan suatu bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan dalam semua program dan jenjang, sehingga ketrampilan untuk mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran amat dibutuhkan oleh seorang guru yang profesional. Peran media dalam pembelajaran kurikulum 2013 sangat penting, karena proses pembelajaran diawali dengan kegiatan mengamati (Membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat). Kelancaran dan efektivitas pembelajaran antara lain didukung oleh kehadiran alat bantu/media/sumber belajar yang tersedia. Ketersediaan alat bantu/media/sumber belajar memungkinkan siswa dapat belajar lebih baik, lebih intensif, dan lebih banyak potensi yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, alat bantu/media/sumber belajar perlu dihadirkan dengan tepat dalam kurikulum 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-08

Cara Mengutip

Setyaedhi, H. S. (2021). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013. Educational Technology Journal, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p19-30
Abstract views: 401 , PDF Downloads: 935