PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Majalah Elektronik, Kontekstual, ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan majalah elektronik berbasis kontekstual dalam muatan pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan proses pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun karena adanya pandemi Covid-19 penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Responden dalam pengembangan ini terdiri dari satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 3 peserta didik pada tahap one to one, dan 12 peserta didik pada tahap small group. Hasil kelayakan dari 1) Validasi ahli media memperoleh skor 96,15%, 2) Validasi ahli materi memperoleh skor 93,75%, 3) Validasi ahli bahasa memperoleh skor 85%. Berdasarkan hasil validasi para ahli secara keseluruhan diperoleh skor 92,4% dengan katagori sangat baik. Hasil uji coba kepada peserta didik kelas V Sekolah Dasar diperoleh nilai rata-rata 93,33% pada tahap one to one dan 96,67% pada tahap small group yang termasuk dalam katagori sangat baik sehingga produk dinyatakan layak digunakan.
Referensi
Ardina, Dian dan Mukminan. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbentuk Majalah Elektronik dengan Materi Hidrosfer untuk Siswa SMA Kelas X. Social: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14 (1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.19667.
Fiidami, Intan Nauran, Asharu, Nur Ngazizah. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Majalah Bedhug Berbasis Karakter Islami Pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1). https://doi.org/10.37729/jpd.v2i1.970.
Gunawan, Cakti Indra. (2017). Pedoman Menulis Bahan Ajar dan Referensi bagi Dosen. Malang: IRDH.
Hardiansyah, Irfan Arifin, dan Aswar. (2017). Desain dan Perwajahan Majalah Kurva Desain Komunikasi Visual. Jurnal Imajinasi, 1 (2). https://doi.org/10.26858/i.v1i2.9919
Jariati, Endang, dan Elvi Yenti. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multiple Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jornal Of Natural Science and Integration, 3 (2). p-ISSN: 2620-4967 ,e-ISSN: 2620-5092, Oktober, hlm. 138-150.
Kurniawan, Edi, dan Abdul Karim Syahputra. (2018). Perancangan E-Magazine Berbasis Multimedia Pada Lembaga Dakwah Kampus UKMI AL-FAJR Amik Royal. Seminar Nasional Royal, 1 (1). ISSN 2622-6510, September, hlm. 169-172.
Lestari, Dinda Ajeng Ayu, Yustia Suntari, dan Dudung Amir Soleh. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Google Slide pada Muatan IPS Materi Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme Di Kelas IV Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1 (2), Oktober, ISSN 2797-2593.
Meldina, Tika, dkk. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1). http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572.
Noviyanti, dan Gading Gamaputra. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 4 (2).
Nurdyansyah, Riska Sugiarto, dan Pandi Rais. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Islamic Education Journal, 2 (2). https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1772.
Putri, Citra Eka, dan Radja Erland Hamzah. (2018). Konvergensi Konten Majalah Popular dalam Industri Digital Media Cetak. Warta ISKI, 1 (2). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.14.
Rayanto, Yudi Hari, dan Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Rohmah, Anisatur, Henry Januar Saputra, dan Ikha Listyarini. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Android Dalam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School, 7(2). 10.31316/esjurnal.v7i2.777.
Selviani, Siska dan Welly Anggraini. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Sebagai Suplemen Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01 (1). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2478.
Simamora, Ade Fitri, dan dan Rosmaini. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Majalah Elektronik Berbantuan Flip Book Maker Materi Teks Fabel Kelas VII di SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Basastra , 8(3). https://doi.org/10.24114/bss.v8i3.15884.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Suhada, Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Susanti, Sri Widayati Rohmad, Yuniwati Wulandari, dan Mahfud Nahrowi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Situs Sejarah Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. Heritage: Journal Of Social Studies, 1 (1). https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i1.9
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 800
,
PDF Downloads: 1290




