PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p43-53Kata Kunci:
Buku Digital, PPKn, Tema Selalu Berhemat EnergiAbstrak
Penelitian dan Pengembangan Ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku digital pada pembelajaran PPKn Tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan dengan melibatkan ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan siswa kelas IV B SD Negeri Mustikasari II. Pengumpulan informasi diperoleh dari hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada tahap analisis kebutuhan, guru menyatakan memerlukan buku tambahan agar siswa bisa lebih memahami materi dengan baik salah satunya melalui Buku Digital. Hasil validasi oleh ahli media 91,6%, ahli bahasa 88,6%, dan ahli materi 98,3% sehingga memperoleh rata-rata keseluruhan hasil validasi para ahli sebesar 92,8%. Pada uji coba produk one to one diperoleh hasil 80,5%, small group diperoleh hasil 81,0%, dan field test diperoleh hasil 86,0%. Hal tersebut menunjukkan buku digital layak untuk digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar
Referensi
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 1318. Retrieved from http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman Viktor. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riduwan dan Sunarto. (2013). Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi¯: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah Yang Dihadapi Dunia Pendidikan Dengan Tutorial Online: Sebuah Short Review. Tadbir¯: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 195. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)