PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Widya Octaviani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p66-77

Keywords:

Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Scientific Approach, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis Scientific Approach pada pembelajaran IPA khususnya muatan materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develpoment (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Evaluasi dilaksanakan melalui dua tahap uji coba, yaitu uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian PowerPoint interaktif berbasis Scientific Approach materi daur hidup hewan yang telah dikembangkan menurut ahli media, ahli materi dan ahli bahasa adalah sangat baik dengan persentase masing-masing sebesar 79,46%; 89,58%; dan 87,5%. Hasil rekapitulasi dari ketiga uji ahli tersebut diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,51% dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada uji coba perorangan adalah sangat baik. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil adalah sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 87,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PowerPoint interaktif berbasis Scientific Approach pada materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang telah dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran.

References

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan

Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.

Haryati, S. (2012). RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D) SEBAGAI SALAH SATU

MODEL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN. 37(1), 11–26.

Istiningsih. (2012). Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Skripta Media

Creative.

Kemdikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa

Darurat Covid-19. Retrieved January 23, 2021, from

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentangpelaksanaan-

pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Riduwan. (2014). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish

Publisher.

Swapranata, A. A. N. A., Riastini, P. N., & Japa, I. G. N. (2016). PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

IPA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan

Ganesha, 4(1), 2.

Published

2021-10-12

How to Cite

Octaviani, S. W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p66-77
Abstract views: 2656 , PDF Downloads: 2115