PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL DESAIN GRAFIS BERBASIS CDT MERRILL UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1

Authors

  • Hasrawati Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • lukman laliyo Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Rifai Katili Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p56-65

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar Digital, 3D Page Flip Profesional, Desain Grafis

Abstract

Permasalahan ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang efektif karena pembelajaran dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19 dan bahan ajar yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi siswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital untuk mata pelajaran Dasar Desain Grafis pada jurusan multimedia yang sesuai dengan kebutuhan yang membuat suasana pembelajaran daring pada masa pandemi atau pada pembelajan daring dapat efekti dan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk meneliti layak atau tidaknya produk yaitu dilihat dari respon peserta didik dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berupa modul ajar digital meggunakan aplikasi 3D Page Flip Professional pada pelajaran Desain Grafis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan metode desain pembelajaran menggunakan Component Display Theori (CDT), sedangkan untuk prosedur pengembangan bahan ajar ini mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kevalidan oleh ahli media sangat layak yaitu 95,5%, sedangkan nilai kevalidan dari ahli materi sangat layak yaitu 95%, hasil uji praktikalitas oleh guru sangat praktis yaitu 90,2%, dan uji coba kelompok kecil respon peserta didik 97%, uji coba respon peserta didik skala besar 97,6%. Ini menunjukan bahwa modul ajar digital menggunakan aplikasi 3D Page Flip Professional yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap praktis digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran dasar desain grafis.

 

References

Aoun. (2017). Review of Joseph E . Aoun ( 2017 ). Robot Proof : Higher Education in the Age of Artificial Intelligence.

Aulia, N. A. (2021). Pengembangan Buku Digital Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1, 43–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/14365

Ibrohim, S. (2019). Pengembangan Elekonik Modul Menggunakan Aplikasi 3D Page Flip Profesional Pada Tema Ekisistem Untuk Kelas V Sd/Mi. http://repository.radenintan.ac.id/5550/1/SKRIPSI SUKRONI.pdf

Malalina, & Kesumawati, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7, Issue 2).

Nugroho, M. B. (2013). Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fip Uny. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Oka, G. P. A. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) PADA MATA KULIAH MULTIMEDIA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNDIKSHA. The SAGE Encyclopedia of Educational Technology, 1(1). https://doi.org/10.4135/9781483346397.n62

Prihantana, M. A. S. (2014). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP Program Studi Teknologi Pembelajaran , Program Pascasarjana e-Journal Program Pascasarjana Unive. 4(1), 1–12.

Rusman.2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia, Orasi Ilmiah Professor bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan. Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar T.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Husain, H., laliyo, lukman, & Katili, M. R. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL DESAIN GRAFIS BERBASIS CDT MERRILL UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1. Educational Technology Journal, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p56-65
Abstract views: 355 , PDF Downloads: 316