PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL DESAIN GRAFIS BERBASIS CDT MERRILL UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1

Authors

  • Hasrawati Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • lukman laliyo
  • Muhammad Rifai Katili Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Permasalahan ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang efektif karena pembelajaran dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19 dan bahan ajar yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi siswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital untuk mata pelajaran Dasar Desain Grafis pada jurusan multimedia yang sesuai dengan kebutuhan yang membuat suasana pembelajaran daring pada masa pandemi atau pada pembelajan daring dapat efekti dan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk meneliti layak atau tidaknya produk yaitu dilihat dari respon peserta didik dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berupa modul ajar digital meggunakan aplikasi 3D Page Flip Professional pada pelajaran Desain Grafis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan metode desain pembelajaran menggunakan Component Display Theori (CDT), sedangkan untuk prosedur pengembangan bahan ajar ini mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kevalidan oleh ahli media sangat layak yaitu 95,5%, sedangkan nilai kevalidan dari ahli materi sangat layak yaitu 95%, hasil uji praktikalitas oleh guru sangat praktis yaitu 90,2%, dan uji coba kelompok kecil respon peserta didik 97%, uji coba respon peserta didik skala besar 97,6%. Ini menunjukan bahwa modul ajar digital menggunakan aplikasi 3D Page Flip Professional yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap praktis digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran dasar desain grafis.

 

Downloads

Published

2022-04-20
Abstract View: 51