ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2019

Authors

  • Gesita Septafi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p1-16

Keywords:

Kemampuan Menulis, Karya Ilmiah, Artikel Ilmiah

Abstract

 

Sebagai mahasiswa yang akan mempersiapkan tugas akhir diperlukan adanya penguatan dan kemampuan menulis karya ilmiah, sebagai penulis pemula mahasiswa di berikan tes membuat artikel ilmiah secara individu. Hal ini penulis bertujuan menganalisis 1) kemampuan mahasiswa menulis sistematika artikel ilmiah, 2) kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah sesuai sistematikanya, dan 3) kemampuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam penulisan artikel ilmiah. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa PGSD Universitas Negeri Malang angkatan 2019. Data adalah hasil pengerjaan mahasiswa yakni penulisan artikel ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkahnya yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pertama, kemampuan menulis sistematika artikel ilmiah. 30 mahasiswa atau 86% dikategorikan dapat menulis sistematika artikel ilmiah. Sisanya, 5 mahasiswa atau 14% dikategorikan perlu bimbingan. Kedua, kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah. Mahasiswa dikategorikan baik karena lebih dari 75% sudah bisa menulis. 25% mahasiswa dikategorikan perlu bimbingan. Ketiga, kemampuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia. Adanya kesalahan, dikarenakan mahasiswa kurang membaca karya ilmiah, sehingga pengetahuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia masih relatif kurang.

References

Abas, S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Aktif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Arif Widodo, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru Pgsd Universitas Mataram. Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar.
Arikonto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brotowijoyo, Mukayat D. 2002. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Ismawati, Esti. 2012. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakart: Penerbit Ombak.
Lestari, A. W. dan L. A. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga.
Marzuki. 1989 . Metodologi Riset. Yogyakarta : Hanindita
Moleong, Lexy. 2005. Meotodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustiningsih. 2001. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universtas Negeri Malang Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 2000. Malang : Universitas Negeri Malang.
Pemerintah Indonesia. 2012. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran RI Tahun 2012 Nomor 158. Jakarta: Sekretariat Negara.
Rahardi, K. 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.
Sonhadji, Ahmad. 1999. Diktat Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Malang : Universitas Negeri Malang
Sugihastuti dan Siti Saudah. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjiman, Panuti dan Sugono, Dendy. 1991. Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta : Kelompok 24 Pengajaran Bahasa Indonesia.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyitno, Imam. 2011. Karya Tulis Ilmiah (KTI), Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.
Ulfatin, Nurul. 1991. Penulisan Karya Ilmiah. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.

Published

2021-10-12

How to Cite

Septafi, G. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2019. Educational Technology Journal, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p1-16
Abstract views: 2125 , PDF Downloads: 3791