Hegemoni Nazi dalam Naskah Film Sophie Scholl - Die Letzten Tage (Kajian Hegemoni Antonio Gramsci)

Authors

  • Andari Widanto Fitria Aisyah Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfi Saksono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/elitejournal.v1n1.p%25p

Abstract

Perang Dunia II di awal abad 20 mempunyai keterkaitan erat dengan kekuasaan Nazi (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei atau Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional) di bawah kepemimpinan Adolf Hitler. Pada saat itu, Nazi begitu ditakuti oleh negara-negara lawan. Meskipun demikian ada sekelompok kecil orang yang berani menentang Nazi. Salah satunya adalah kelompok œdie weiße Rose yang dipelopori oleh Sophie Scholl, Hans Scholl bersama teman-temannya. Tetapi kelompok tersebut berhasil dihancurkan oleh Nazi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk hegemoni Nazi yang ada dalam naskah film Sophie Scholl - Die letzten Tage? 2) Bagaimana bentuk perlawanan hegemoni yang ada dalam naskah film Sophie Scholl - Die letzten Tage. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk hegemoni Nazi serta perlawanan terhadap hegemoni melalui kajian film Sophie Scholl - Die letzten Tage dengan menggunakan teori hegemoni Antonio Gramsci. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Sophie Scholl - Die letzten Tage karya sutradara Marc Rothemund. Data dalam penelitian ini adalah naskah film yang didalamnya terdapat dialog dan tindakan para tokoh yang menggambarkan bentuk hegemoni Nazi dan perlawanan hegemoni. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Bentuk hegemoni Nazi yang terdiri dari hegemoni represif, ideologi, peran kaum intelektual tradisional serta peran negara. 2) Bentuk perlawanan hegemoni yang terdiri dari membuat selebaran anti Nazi, membuat grafiti anti Nazi, mencoret-coret lambang Nazi, dan melawan hukum.

Kata Kunci: Hegemoni, perlawanan hegemoni, naskah film

References

Bastia, Radis. 2013. Diktator-Diktator Yang Mengguncang Dunia. Jogjakarta: Palapa.
Biran, Misbach Yusa. 2007. Teknik Menulis Skenario Film Cerita. Jakarta: Pustaka Jaya.
Cahyo, Agus N. 2013. Pembantaian-Pembantaian Mengerikan Dalam Perang Dunia I & II. Jogjakarta: Palapa.
Damar, Yogananta. 2015. Sastra dalam Film. www.rumpunsastra.com . Diakses di http://www.rumpunsastra.com/2015/10/sastra-dalam-film.html pada tanggal 29 Januari 2018.
Doneson, Judith E. (2002). The Holocaust in American Film. New York: Syracuse. University Press. (Introduction). Diakses di https://books.google.co.id/books?id=8VxyunTukQIC&printsec=frontcover&dq=The+Holocaust+in+American+Film&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj39tWxPrYAhVMM48KHWmmCCAQ6AEIKDAA#v=onepage&q=The%20Holocaust%20in%20American%20Film&f=false pada tanggal 28 Januari 2018.
Effendy, Onong Uchjana. 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.
Faruk. 2013. Pengantar Sosiologi Sastra (dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi revisi.
Hayward, Susan. 2006. Key Concepts in Cinema Studies Third Edition. London: Routledge.
Klarer, Mario. 2004. An Introduction to Literary Studies (Second Edition). London: Routledge.
Kurniawati, Wisma, Yunanfathur Rahman, Lutfi Saksono, Abdul Karim dan Dwi Imroatu Julaikah. 2013. Metodologi Penelitian Sastra dan Bahasa. Surabaya: Pt Revka Petra Media.
Luxemburg, Jan Van dkk. 1992. Pengantar Ilmu Satra. Jakarta: Gramedia (Terjemahan Dick Hartoko).
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Patria, Nezar dan Andi Arief. 2003. Antonio Gramsci Negara dan Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Saksono, Lutfi, Yunanfathur Rahman, Suwarno Imam Samsul, Sam Surastya dan Dwi Imroatu Julaikah. 2015. Dari Strukturalisme Sampai Postkolonialisme: Berbagai Pemikiran Tentang Ideologi dan Kebudayaan. Surabaya: Pt Revka Petra Media.
Simon, Roger. 2014. Gagasan-gagasan politik Gramsci. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiono, Miuhadi. 2006. Kritik Antonio Gramsci terhadap Pembangunan Dunia Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Downloads

Published

2018-10-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 238 , PDF Downloads: 475