PENERAPAN PANDUAN IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN ABK UNTUK ORANGTUA DI LEMBAGA LENTERA FAJAR SIDOARJO

Penulis

  • Satiningsih Satiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Ira Darmawanti Universitas Negeri Surabaya
  • Yohana Wuri Satwika Universitas Negeri Surabaya
  • Damajanti Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Ellyana Ilsan Eka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Onny Fransinata Anggara Universitas Negeri Surabaya
  • Destya Alifya Putri Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Disabilitas Intelektual, Autisme, Orangtua, Buku Panduan

Abstrak

Prevalensi disabilitas intelektual (IQ<70) diperkirakan sekitar 3% di seluruh dunia. Jumlah penyandang autisme juga disinyalir meningkat terus di Indonesia, dengan tambahan 500 anak pengidap autis tiap tahun. Insiden disabilitas intelektual dan autisme sulit dihitung karena disabilitas intelektual ringan kadang-kadang tidak dikenali hingga masa kanak-kanak pertengahan. Ironisnya penanganan pada anak disabilitas intelektual dan autisme sejauh ini belum dilakukan secara holistic dan komprehensif, sehingga hal ini membuat potensi menghambat terjadinya pola penanganan yang tepat serta memiliki potensi untuk menjauhkan anak dengan disabilitas dari kehidupan dan masa depan yang lebih cerah serta independent. Sebagai bentuk penanganan yang komprehensif, perlu dilakukan pola pendampingan yang holistic dan melibatkan semua elemen termasuk juga orang tua dengan memberikan buku panduan dalam mengidentifikasi dan menangani anak berkebutuhan khusus disabilitas intelektual dan autisme. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan pelatihan identifikasi permasalahan dan penanganan anak berkebutuhan khusus di lembaga mitra bersama dengan orangtua ABK.

Referensi

Alulima, L. A., Mena Chiluisa, M., & Coello Villa, M. C. (2023). Intellectual disability in the learning of students of general basic education and general unified baccalaureate. Russian Law Journal, 11(6s), 406–417. https://doi.org/10.52783/rlj.v11i6s.1059

Anjum, R., Rehman, A., Maqsood, H., Ilyas, U., Niaz, M. A., Mohsin, S. B., Anjum, S., & Hamid, M. (2023). Intellectual disability classification, causes, epigenetic mechanisms and treatment. Biological & Clinical Sciences Research Journal, 2023(1), 245. https://doi.org/10.54112/bcsrj.v2023i1.245

Mehta, R. (2023). Education Of Children with Special Needs- A Systematic Review of Literature. https://doi.org/10.46632/cllrm/5/1/1

Skjeldal, O. H., & Isaksen, J. (2023). Autism – A brief update. Translational Science of Rare Diseases. https://doi.org/10.3233/trd-230058

Widiyanah, I., Trihantoyo, S., & Hazin, M. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH INDONESIA SINGAPORE. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 3(02), 43–52.

Winastuti, N. W., Pramesti, K. D., & Basri, H. (2022). Gambaran Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus yang Diasuh oleh Orang Tua dengan Ekonomi Rendah. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 5(2), 27–47. https://doi.org/10.30762/happiness.v5i2.383

Diterbitkan

2025-04-15

Cara Mengutip

Satiningsih, S., Darmawanti, I., Satwika, Y. W., Dewi, D. K., Putri, E. I. E., Anggara, O. F., & Putri, D. A. (2025). PENERAPAN PANDUAN IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN ABK UNTUK ORANGTUA DI LEMBAGA LENTERA FAJAR SIDOARJO. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 4(01), 1–9. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/43306

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 23