Can Forensic Accounting as a ‘Science’ Prevent Fraud?; Implications for the Undergraduate Accounting Curriculum in Indonesia
Keywords:
Forensic Accounting, Science, Accounting Curriculum, Fraud PreventionAbstract
Artikel ini membahas akuntansi forensik sebagai bagian dari ilmu akuntansi yang telah memenuhi kaidah sebagai science, karena memiliki objek kajian yang jelas, pendekatan sistematis, metode analisis yang terukur, serta kontribusi terhadap pemecahan masalah nyata, khususnya dalam hal pencegahan dan pengungkapan kecurangan. Akuntansi forensik tidak lagi sekadar praktik pelengkap, tetapi merupakan ilmu terapan yang menggabungkan akuntansi, hukum, dan teknik investigasi berbasis data serta logika ilmiah. Oleh karena itu, artikel ini mendorong transformasi pendidikan tinggi, terutama reformasi kurikulum sarjana akuntansi, dengan menempatkan akuntansi forensik sebagai mata kuliah wajib, bukan pilihan. Langkah ini penting untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis, analisis investigatif, serta kepekaan terhadap gejala ketidakwajaran dalam informasi keuangan. Jadi, dengan memasukkan akuntansi forensik secara struktural dalam kurikulum, pendidikan tinggi tidak hanya menghasilkan lulusan yang kompeten secara teknis, tetapi juga berperan aktif dalam mempercepat upaya pencegahan kecurangan di masa depan, membentuk akuntan yang profesional, berintegritas, dan adaptif terhadap tantangan era digital.
References
Association of Certified Fraud Examiners/ACFE (2024). Occupational Fraud 2024: A Report to the Nations
Adejumo, A., & Ogburie, C. (2025). Forensic accounting in financial fraud detection: Trends and challenges. International Journal of Science and Research Archive, 14, 1219-1232.
Al Natour, A. R., Al-Mawali, H., Zaidan, H., & Said, Y. H. Z. (2025). The role of forensic accounting skills in fraud detection and the moderating effect of CAATTs application: evidence from Egypt. Journal of Financial Reporting and Accounting, 23(1), 30-55.
Alshurafat, H., Alaqrabawi, M., & Al Shbail, M. O. (2024). Developing learning objectives for forensic accounting using bloom’s taxonomy. Accounting Education, 33(4), 497-513.
Kaur, B., Sood, K., & Grima, S. (2022). A systematic review on forensic accounting and its contribution towards fraud detection and prevention. Journal of Financial Regulation and Compliance, 31(1), 60-95.
Maulidi, A. (2025). The enigma of fraud as a unique crime and its resonance for auditing research and practice: unlearned lessons of psychological pathways to fraud. Journal of Accounting & Organizational Change, 21(1), 48-69.
Honigsberg, C. (2020). Forensic accounting. Annual Review of Law and Social Science, 16(1), 147-164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

