Can Forensic Accounting as a ‘Science’ Prevent Fraud?; Implications for the Undergraduate Accounting Curriculum in Indonesia

Authors

  • Achmad Maulidi Jurusan Akuntansi, Universitas Surabaya
  • Muhammad Wisnu Girindratama Jurusan Akuntansi, Universitas Surabaya
  • Hari Hananto Jurusan Akuntansi, Universitas Surabaya

Keywords:

Forensic Accounting, Science, Accounting Curriculum, Fraud Prevention

Abstract

Artikel ini membahas akuntansi forensik sebagai bagian dari ilmu akuntansi yang telah memenuhi kaidah sebagai science, karena memiliki objek kajian yang jelas, pendekatan sistematis, metode analisis yang terukur, serta kontribusi terhadap pemecahan masalah nyata, khususnya dalam hal pencegahan dan pengungkapan kecurangan. Akuntansi forensik tidak lagi sekadar praktik pelengkap, tetapi merupakan ilmu terapan yang menggabungkan akuntansi, hukum, dan teknik investigasi berbasis data serta logika ilmiah. Oleh karena itu, artikel ini mendorong transformasi pendidikan tinggi, terutama reformasi kurikulum sarjana akuntansi, dengan menempatkan akuntansi forensik sebagai mata kuliah wajib, bukan pilihan. Langkah ini penting untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis, analisis investigatif, serta kepekaan terhadap gejala ketidakwajaran dalam informasi keuangan. Jadi, dengan memasukkan akuntansi forensik secara struktural dalam kurikulum, pendidikan tinggi tidak hanya menghasilkan lulusan yang kompeten secara teknis, tetapi juga berperan aktif dalam mempercepat upaya pencegahan kecurangan di masa depan, membentuk akuntan yang profesional, berintegritas, dan adaptif terhadap tantangan era digital.

References

Association of Certified Fraud Examiners/ACFE (2024). Occupational Fraud 2024: A Report to the Nations

Adejumo, A., & Ogburie, C. (2025). Forensic accounting in financial fraud detection: Trends and challenges. International Journal of Science and Research Archive, 14, 1219-1232.

Al Natour, A. R., Al-Mawali, H., Zaidan, H., & Said, Y. H. Z. (2025). The role of forensic accounting skills in fraud detection and the moderating effect of CAATTs application: evidence from Egypt. Journal of Financial Reporting and Accounting, 23(1), 30-55.

Alshurafat, H., Alaqrabawi, M., & Al Shbail, M. O. (2024). Developing learning objectives for forensic accounting using bloom’s taxonomy. Accounting Education, 33(4), 497-513.

Kaur, B., Sood, K., & Grima, S. (2022). A systematic review on forensic accounting and its contribution towards fraud detection and prevention. Journal of Financial Regulation and Compliance, 31(1), 60-95.

Maulidi, A. (2025). The enigma of fraud as a unique crime and its resonance for auditing research and practice: unlearned lessons of psychological pathways to fraud. Journal of Accounting & Organizational Change, 21(1), 48-69.

Honigsberg, C. (2020). Forensic accounting. Annual Review of Law and Social Science, 16(1), 147-164.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Maulidi, A., Girindratama, M. W., & Hananto, H. (2025). Can Forensic Accounting as a ‘Science’ Prevent Fraud?; Implications for the Undergraduate Accounting Curriculum in Indonesia. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 13(3), 317–323. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa/article/view/40423
Abstract views: 111 , PDF Downloads: 30

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.