Determinan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Industri Sektor Barang Konsumsi
DOI:
https://doi.org/10.26740/akunesa.v13n1.p87-96Keywords:
Dewan Komisaris Independen; Kepemilikan Institusional; Leverage; Profitabilitas, Ukuran Perusahaan; Nilai Perusahaan.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji determinan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi. Metode yang digunakan metode kuantitatif, dengan teknik purposice sampling dan sampel 11 perusahaan dari tahun 2015-2021, selanjutnya data yang digunakan bersumber dari perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan diolah menggunakan Eviews. 9. Berdasarkan hasil uji data mengemukakan bahwa dewan komisari independen, debt to equity ration, profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan.
References
Amri, A. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada Ksp Balota Kota Palopo. JEMMA Journal of Economic, Management and Accounting, 2(2). https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.248.
Ariawan, I. M. A. R., & Setiawan, P. E. (2017). Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 18(3), 1831-1859.
Dewantari, Ni Luh Surpa, dkk. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages Di BEI. Bisma: Jurnal Manajemen. Vol. 5 No. 2.
Effendi, Muh. Arief. 2016. The Power Of Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.
Harmono. (2017). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. (Edisi 1, Cet. 6). Jakarta: Bumi Aksara.
Hery. 2017. Analisis Laporan Keuangan (Intergrated and Comprehensive edition). Jakarta: Grasindo.
I Gusti Ngurah Agung Dharmaputra, Ni Wayan Rustiarini, N. P. S. D. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage,Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Karma (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(1), hal. 2141-2149.
Maryati Rahayu dan Bida Sari. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, Vol. 2, No. 2, 69-76.
Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Governance, 3(2), halaman: 153-165.
Riny. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Rini, 8(2), 139–150.
Sari Andika Putri Rina Mey dan Handayani Nur. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 5. No 9 (2016). ISSN : 2460-0585.
Suryandani, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1), 49–59.
Suwardika, I. N., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud , Vol. 6, No. 3, 1248-1277.
Widianingsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(1), 38. https://doi.org/10.29040/jap.v19i1.196.
Widyantari, N & Yadnya, I. 2017. Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Food And Baverage di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

