Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran

Penulis

  • Retno Mustika Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Ni'matush Sholikhah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Abdul Ghofur Universitas Negeri Surabaya
  • Ady Soejoto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6791

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis adalah siswa Indonesia hanya menguasai soal-soal dengan karakteristik yang bersifat rutin dan sederhana, siswa belum mampu dalam menganalisa soal yang lebih kompleks dan bersifat pemecahan masalah. Dibuktikan dengan data dari Dinas Pendidikan Jawa Timur sebanyak 78,88%  nilai ujian nasional SMA dan SMK  dibawah 55. Tujuan  Pelatihan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penyusunan alat evaluasi berbasis HOTs melalui penggunaan game Edukasi android. Mitra pengabdian adalah guru MGMP Se Kabupaten Magetan. Metode yang dilakukan diantaranya ceramah, praktek, diskusi dan Tanya jawab.  PKM dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2019 bertempat di SMAN 3 Magetan dihadiri 16 peserta. Kelebihan dalam game aplikasi berbasis android ini, guru tidak disibukkan dalam enghitung skor hasil belajar peserta didik karena aplikasi tersebut dapat menampilkan nilai masng masing peserta didik secara otomatis. Guru tidak perlu khawatir terhadap kecurangan peserta didik ketika menerapkan aplikasi ini, karena ketika menggunakan aplikasi tersebut peserta didik harus log in terlebih dahulu dan aplikasi ini bersifat satu aplikasi satu akun. Tingkat pemahaman guru tentang praktek game  aplikasi berbasis android setelah mengikuti pelatihan yakni 73 dari skor 100. Dari hasil pemberian post test tersebut, menunjukkan tingkat pemahaman guru terhadap praktek game aplikasi berbasis android terbilang cukup.

 

Biografi Penulis

Retno Mustika Dewi, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Ekonomi

Ni'matush Sholikhah, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Ekonomi

Muhammad Abdul Ghofur, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Ekonomi

Ady Soejoto, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Ekonomi

Referensi

<p> </p><p>Arsyad, A. (2014) <em>Media Pembelajaran</em>. Revisi. Edited by A. Rahman. Jakarta: Rajawali Pers.</p><p>Brookhart, S. M. (2010) <em>How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom</em>. Massachusetts: Association for Supervision &amp; Curriculum Development.</p><p>BSNP (2014) <em>Instrumen Penilaian Buku Teks PelajaranTahun 2014</em>. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.</p><p>Darmawan, D. (2016) <em>Mobile Learning, Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran</em>. Jakarta: Rajawali Pers.</p><p>Fisher, A. (2009) <em>Berpikir kritis¯: sebuah pengantar</em>. Jakarta: Erlangga.</p><p>Haryanto, U. N. P. (2017) ˜Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan, <em>Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan</em>, 4(2), pp. 167184.</p><p>Henry, S. (2005) <em>Panduan Praktis Membuat Game 3D</em>. 1st edn. Yogyakarta: Graha Ilmu.</p><p>Ida, F. (2017) <em>Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional</em>. Edited by E. Kuswandi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p><p>Ince, E. Y. (2018) ˜Educational Games in Higher Education, in Cvetković, D. (ed.) <em>Simulation and Gaming</em>. Intech Open. doi: 10.5772/intechopen.71017.</p><p>Krisnawan, I. B. D. (2014) ˜Rancang Bangun Game Edukasi œ Lawar Bali pada Platform Android, <em>Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi</em>, 2(1), pp. 5866.</p><p>Kustandi, C. and Sutjipto, B. (2013) <em>Media Pembelajaran; Manual dan Digital</em>. Kedua. Edited by R. Sikumbang. Bogor: Ghalia Indonesia.</p><p>Lailly, N. R. and Wisudawati, A. W. (2015) ˜Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012 / 2013, <em>Integration And Interconnection Islam And Science Journal</em>, XI(1), pp. 2739.</p><p>Martono, K. T. (2015) ˜Pengembangan Game dengan Menggunakan Game Engine Game Maker, 5(1), pp. 2330.</p><p>Nugroho, A. (2018) <em>Higher Order Thinking Skills (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal)</em>. Edited by T. Y. Kurniawati. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.</p><p>Organization for Economic Cooperation and Development (2016) <em>PISA worldwide ranking average score of mathematics, science and reading</em>. Organization for Economic Cooperation and Development.</p><p>Putra, D. R. and Nugroho, M. A. (2016) ˜Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa, <em>Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia</em>, XIV(1), pp. 2534.</p><p>Sari, S. <em>et al.</em> (2017) ˜Using Android-Based Educational Game for Learning Colloid Material, <em>Journal of Physics: Conference Series</em>, (895). doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012012.</p><p>Sasongko, G. W. and Suswanto, H. (2017) ˜Pengembangan Game Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X, <em>Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan</em>, 2(7), pp. 10171023.</p><p>Scott, C. L. (2015) <em>The Futures OFf Learning 2: What Kind Of Learning For The 21st Century?</em>, <em>UNESCO Educational Research And Foresight</em>. 14. Paris.</p><p>Susilo, F. A. (2013) ˜Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran, <em>Jurnal MATHEdunesa</em>, 2(1).</p><p>The Association For UK Interactive Entertaiment (2018) <em>UK Video Games Fact Sheet</em>. United Kingdom.</p><p> </p>

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-02-24

Cara Mengutip

Dewi, R. M., Sholikhah, N., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2020). Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6791

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 1695 , PDF Downloads: 1181

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama