Pelatihan Pengembangan Rubrik Evaluasi untuk Guru SD di Kota Surabaya
Abstrak
Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) memiliki peran yang penting dalam mewujudkan peran pendidikan juga dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan, perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Namun, pengembangan sikap profesionalisme guru belum optimal dan masih membutuhkan bimbingan serta arahan guna tercapainya program pembelajaran. Selain itu, guru PJOK belum mampu memenuhi atau termasuk dalam kategori tidak sesuai terhadap tuntutan kompetensi dasar dalam kurikulum. Sehingga solusi yang ditargetkan oleh tim pengabdian untuk menghadapi permasalah guru PJOK yaitu memberikan pelatihan terkait penyusunan rubrik evaluasi. Sehingga menghasilkan produk berupa rubrik evaluasi pada komponen pengetahuan dan keterampilan. Masing-masing kompetensi dasar dijabarkan dan setiap komponen terdapat beberapa indikator yang dimasukkan dalam rubrik evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, praktik, pengukuran hasil, dan tindak lanjut hasil. Mitra dalam pengabdian ini adalah KKG Surabaya. Produk yang dihasilkan pada kegiatan ini adalah terselesaikannya rubrik evaluasi yang dapat diterapkan oleh guru berdasarkan kebutuhannya dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK. Sedangkan luaran kegiatan pengabdian ini artikel jurnal ber- ISSN, publikasi media masa, HKI, dan produk pengabdian
Referensi
[1] Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
[2] Diharjo, M. Z., & Wiguno, L. T. H. (2021). Pilihan Materi Pembelajaran Guru Pjok SMA dalam Memenuhi Tuntutan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Sport Science and Health, 3(3), 98–106. https://doi.org/10.17977/um062v3i32021p98- 106
[3] Jonan, Y. R. (2020). Pengembangan Rubrik Penskoran pada Asesmen Otentik untuk Materi Volume dan Luas Balok. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 275. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1174
[4] Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.
[5] Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
[6] I Nyoman, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Penjasorkes. Abad 21, 1–11.
[7] Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka - Direktorat Sekolah Dasar. Sugihartono, T. (2020). Code of Point Dan Rubrik Penilaian Senam Dalam Code of Point and Rubric Evaluation of Gym in. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 1–11.
[8] Uno, H. B., & Amatenggo, N. (2016). Landasan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
[9] UURI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 23
,
PDF Downloads: 21



