Pelatihan Pengembangan Rubrik Evaluasi untuk Guru SD di Kota Surabaya

Penulis

  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya
  • M. E. Winarno Universitas Negeri Malang
  • Nurrul Riyad Fadhli Universitas Negeri Malang
  • Taufik Taufik Universitas Negeri Malang
  • Dwi Lorry Juniarisca Universitas Negeri Surabaya
  • Dona Sandy Yudasmara Universitas Negeri Malang

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) memiliki peran yang penting dalam mewujudkan peran pendidikan juga dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan, perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Namun, pengembangan sikap profesionalisme guru belum optimal dan masih membutuhkan bimbingan serta arahan guna tercapainya program pembelajaran. Selain itu, guru PJOK belum mampu memenuhi atau termasuk dalam kategori tidak sesuai terhadap tuntutan kompetensi dasar dalam kurikulum. Sehingga solusi yang ditargetkan oleh tim pengabdian untuk menghadapi permasalah guru PJOK yaitu memberikan pelatihan terkait penyusunan rubrik evaluasi. Sehingga menghasilkan produk berupa rubrik evaluasi pada komponen pengetahuan dan keterampilan. Masing-masing kompetensi dasar dijabarkan dan setiap komponen terdapat beberapa indikator yang dimasukkan dalam rubrik evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, praktik, pengukuran hasil, dan tindak lanjut hasil. Mitra dalam pengabdian ini adalah KKG Surabaya. Produk yang dihasilkan pada kegiatan ini adalah terselesaikannya rubrik evaluasi yang dapat diterapkan oleh guru berdasarkan kebutuhannya dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK. Sedangkan luaran kegiatan pengabdian ini artikel jurnal ber- ISSN, publikasi media masa, HKI, dan produk pengabdian

Referensi

[1] Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

[2] Diharjo, M. Z., & Wiguno, L. T. H. (2021). Pilihan Materi Pembelajaran Guru Pjok SMA dalam Memenuhi Tuntutan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Sport Science and Health, 3(3), 98–106. https://doi.org/10.17977/um062v3i32021p98- 106

[3] Jonan, Y. R. (2020). Pengembangan Rubrik Penskoran pada Asesmen Otentik untuk Materi Volume dan Luas Balok. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 275. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1174

[4] Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.

[5] Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

[6] I Nyoman, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Penjasorkes. Abad 21, 1–11.

[7] Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka - Direktorat Sekolah Dasar. Sugihartono, T. (2020). Code of Point Dan Rubrik Penilaian Senam Dalam Code of Point and Rubric Evaluation of Gym in. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 1–11.

[8] Uno, H. B., & Amatenggo, N. (2016). Landasan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

[9] UURI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Wijaya, A., Nurhayati, F., Tuasikal, A. R. S., Ridwan, M., Winarno, M. E., Fadhli, N. R., … Yudasmara, D. S. (2025). Pelatihan Pengembangan Rubrik Evaluasi untuk Guru SD di Kota Surabaya. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(2), 8–14. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/36038
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 21