Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan pada Sekolah Indonesia Davao Filipina Menggunakan CMS SLiMS

Penulis

  • Bonda Sisephaputra Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Universitas Negeri Surabaya
  • Aries Dwi Indriyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Ghea Sekar Palupi Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan mengembangkan Sistem Informasi Perpustakaan di Sekolah Indonesia Davao, Filipina, untuk meningkatkan efisiensi manajemen perpustakaan dan aksesibilitas sumber belajar bagi siswa dan guru. Sistem ini dibangun menggunakan Content Management System (CMS) SLiMS, yang merupakan platform open-source yang dirancang untuk mengelola perpustakaan secara digital, termasuk pencatatan inventaris, peminjaman, dan pengembalian buku. Dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Sekolah Indonesia Davao (SID) adalah Difusi Ipteks dan Pelatihan. Kegiatan ini juga melibatkan evaluasi berkelanjutan guna memastikan keberhasilan program. Hasilnya menunjukkan peningkatan efisiensi pengelolaan perpustakaan, akses informasi yang lebih mudah, serta peningkatan keterampilan staf perpustakaan dalam menggunakan CMS SLiMS. Kesimpulannya, penerapan teknologi informasi melalui CMS SLiMS di perpustakaan Sekolah Indonesia Davao berkontribusi positif dalam meningkatkan proses belajar mengajar.

Referensi

[1] Agus, S., & Widodo, A. (2020). Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(3), 329-336.

[2] Al-Farisi, R. (2020). Dampak Integrasi Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Aksesibilitas Sumber Belajar di Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Kejuruan, 8(1), 10-20.

[3] Basuki, S. (2016). Perpustakaan Sekolah: Sebuah Panduan Praktis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[4] Haryanto, B. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi, 11(2), 147-156.

[5] Kurniawan, A., & Arifianto, F. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(1), 20-30.

[6] Nurhidayah, N., & Pratama, R. A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web di SMPN 1 Malang. Jurnal Sistem Informasi, 14(2), 112-120.

[7] Phillips, J. J. (2005). Handbook of training evaluation and measurement methods. Sage publications.

[8] Surya, A., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan Portal Digital Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Promosi dan Informasi Koleksi Buku. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(3), 280-287.

[9] Wahyuni, S., & Salamah, R. (2019). Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 45-52.

[10] Wulandari, D. (2017). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Sisephaputra, B., I Kadek Dwi Nuryana, Aries Dwi Indriyanti, & Ghea Sekar Palupi. (2025). Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan pada Sekolah Indonesia Davao Filipina Menggunakan CMS SLiMS. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(2), 33–40. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/35596
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 15