PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU LABSCHOOL UNPATTI

Penulis

  • Hafid Kholidi Hadi Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto, H.S Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Kautsar Universitas Negeri Surabaya
  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p64-72

Abstrak

Pelatihan Pembelajaran STEAM di Labschool UNPATTI bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam merancang dan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran interdisipliner yang menggabungkan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Pelatihan ini mengeombinasikan materi teoritis dan pengalaman praktis, peserta dilatih dalam pengolahan data, penyusunan artikel ilmiah, dan strategi publikasi, serta mendapatkan keterampilan langsung dalam merancang proyek STEAM yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk pembelajaran yang relevan, interaktif, dan berbasis proyek, yang mampu mengembangkan keterampilan kritis abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi.. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, dan latihan mandiri. Hasil dari kegiatan ini adalah  meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru sebesar 91%. Selain itu guru merasa terbantu dengan adanya pelatihan pembelajaran STEAM dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-20

Cara Mengutip

Hadi, H. K., Vicky Dwi Wicaksono, Mas Suryanto, H.S, Achmad Kautsar, & Andhega Wijaya. (2025). PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU LABSCHOOL UNPATTI. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(`1), 64–72. https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p64-72
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0