The LABELING AND PACKAGING AS A MARKETING STRATEGY FOR UMKM IN GALENGDOWO VILLAGE, WONOSALAM DISTRICT

Penulis

  • Ayu Maulidia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Zawawi Zawawi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p50-55

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang peranan labeling dan kemasan sebagai strategi pemasaran pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di desa Galengdowo kabupaten Wonosalam. Fokus utama penelitian ini adalah memahami bagaimana penerapan label dan kemasan yang efektif dapat meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar regional. Kajian ini juga mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi UMKM dalam menerapkan strategi pelabelan dan pengemasan serta mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Dengan memberikan analisis secara detail mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan desain, bahan, dan pesan pada label dan kemasan, diharapkan penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang praktis dan aplikatif bagi UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi label dan kemasan berpotensi memperluas pangsa pasar, meningkatkan daya saing, memperkuat brand image produk UMKM, dan pada akhirnya mendukung pertumbuhan perekonomian daerah.

Kata kunci: UMKM, packaging, labeling, pemasaran, inovasi

Referensi

[1]. Kadi, D. C. A. (2019). Labeling, Packaging, Dan Branding Sebagai Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Selai Srikaya Jumbo Desa Pupus Lembeyan Magetan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–111.

[2]. Nafif, F., Puspaningsih, P., Larasati, N. G., Andriani, S., Suci, L. R., Aminnudin, M., & Jumaiyah, J. (2022). Inovasi Packaging dan Marketing Produk UMKM Rumah Sehat Barokah di Desa Bantrung, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(2), 214–221. https://doi.org/10.30591/japhb.v5i2.2909

[3]. Nana Sucihati, R., Sutanty, M., & Haryadi, W. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Labeling, Packaging Dan Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kabupaten Sumbawa. JPML Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(2), 277–282. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jpml

[4]. Surjanti, J., Aji, T. S., Sakti, N. C., Kautsar, A., & Prakoso, A. F. (2020). Metode Pembelajaran Daring untuk UMKM Hijab di Era Pandemi Covid-19. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(3), 8–17. https://doi.org/10.26740/abi.v1i3.10170

[5]. Fahrullah, ., yasin, ach ., Ridlwan, A., Fikriyah, K. ., Indrarini, R., & Anwar, M. K. (2023). Peningkatan Sosioekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Display Toko Bagi Galeri UMKM TP PKK Kabupaten Lumajang. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 4(1), 25–32. https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p25-32

[6]. Sulistyowati, R., Wening Patmi Rahayu, Norida Canda Sakti, Farij Ibadil Maula, A’rasy Fahrullah, Angga Martha Mahendra, … Maulia, D. (2025). Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional Pelatihan Santripreneur Bagi Santri Islamic Foundation Center Thailand. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 6(`1), 31–40. https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p31-40

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-20

Cara Mengutip

Maulidia , A., & Zawawi , Z. (2025). The LABELING AND PACKAGING AS A MARKETING STRATEGY FOR UMKM IN GALENGDOWO VILLAGE, WONOSALAM DISTRICT. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(`1), 50–55. https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p50-55
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0