PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME “EDUNOMIC ADVENTURE” UNTUK MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p8-13Abstrak
Teknologi digital saat ini memegang peranan yang sangat penting dalam sistem pendidikan. Salah satu contoh nyata integrasi teknologi digital dengan pendidikan adalah berkembangnya game edukasi sebagai salah satu media pembelajaran interaktif. Tujuan dari diselenggarakanya PkM berupa pelatihan media pembelajaran berbasis game adalah untuk membantu mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya dalam mengembangkan media pembelajaran berupa game edukatif yang dapat diimplementasikan mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis tekhnologi digital. Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan di Gedung Merah Putih Universitas Palangka Raya. Pelatihan dilakukan pada hari Rabu 15 November 2023 dengan dihadiri sebanyak 38 peserta yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya. Peserta pelatihan tertarik untuk menggunakan media pembelejaran berbasis game sebagai salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu, mahasiswa termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaraan lainya khususnya dengan menerapkan tekhnologi digital.
Referensi
[1] Doorsamy, W., Paul, B. S., & Marwala, T. (2022). the Fourth Industrial Revolution in Africa. International Perspectives on Artificial Intelligence, (1), 91–106. https://doi.org/10.2307/j.ctv270kv9x.15
[2] Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
[3] Soetopo, A. H. (2012). Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[4] Sukirman, Yuliana, I., & Sujalwo. (2017). Development of Educational Mobile Game for Interactive Learning Media. The 3rd International Conference on Science, Technology, and Humanity, 140–147.
[5] Weigand, H.-G. (2010). Mathematics Education and Technology—Rethinking the Terrain. The 17th ICMI Study. ZDM, 42(7), 801–808. https://doi.org/10.1007/s11858-010-0286-1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

