Pelatihan Pegembangan Produk dan Teknik Pemasaran Pada Peternak Lebah Madu Kelulut
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v5n1.p43-49Kata Kunci:
Training, Product Development, Marketing TechniquesAbstrak
Kegiatan pelatihan pengembangan produk dan teknik pemasaran pada peternak lebah madu kelulut ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat, dengan melihat begitu besarnya potensi di kelurahan Kereng Bengkirai yang dapat dikelola oleh masyarakat sekitar sebagai sumber penghasilan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu partisipatif. Melalui pendekatan yang difokuskan pada peningkatan peran masyarakat secara aktif dalam proses pelatihan yang diberikan. Teknik pelatihan dilakukan secara bervariasi melalui ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil pelatihan yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat mulai dari pengembangan budidaya lebah hingga pemasaran hasil pengelolaan madu dari lebah tersebut.
Referensi
. Lukman, L., Hardiansyah, G., & Siahaan, S. (2021). Potensi Jenis Lebah Madu Kelulut (Trigona Spp) Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Galang Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah. Jurnal Hutan Lestari, 8(4), 792. https://doi.org/10.26418/jhl.v8i4.44327
. Nailuvary, S., Ani, H. M., & Sukidin, S. (2020). Strategi Pengembangan Produk pada Handicraft Citra Mandiri di Desa tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.11872
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

