Berpikir Kritis Dan Kolaboratif Siswa SMK Ketintang Surabaya Pada Bidang Sensor dan Aktuator
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p13-20Abstrak
Penelitian ini merupakan sebuah kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang sensor dan aktuator sekaligus analisis tentang kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kolaboratif di antara para siswa SMK Ketintang dalam bidang sensor dan aktuator. PKM ini melibatkan uji coba kemampuan berpikir kritis melalui serangkaian soal pilihan ganda yang terkait dengan sensor dan aktuator. Selain itu, dilakukan juga evaluasi kemampuan kolaboratif menggunakan kuesioner, di mana para peserta memberikan tanggapan tentang kerjasama tim, kontribusi, dan interaksi dalam kelompok mereka masing-masing. Hasil dari PKM ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan kinerja yang baik dalam interpretasi, analisis, dan evaluasi, dengan persentase cukup positif yang berkisar antara 57% hingga 74%. Hal ini menandakan adanya kemampuan yang kuat dalam memahami dan menganalisis informasi yang terkait dengan sensor dan aktuator. Sementara itu, hasil evaluasi kemampuan kolaboratif menunjukkan tanggapan positif dari para peserta, dengan nilai tinggi pada kerjasama, kontribusi, dan interaksi. Hasil tersebut mengindikasikan adanya kerjasama tim yang efektif dapat membantu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
Kata Kunci: kritis, kolaboratif, pendidikan, PKM
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

