Pelatihan Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Kinerja pada Pegawai Vokasi di Universitas X

Authors

  • Ramadhan Maruta Pradana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suyono Suyono Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Fawaidul Makkiyah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Aminah Nudiya Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Estika Fitriyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v3n1.p11-18

Abstract

Era 5.0 dan banyaknya PTN yang berubah statusnya menjadi PTN-BH menjadi tantangan Vokasi Universitas Negeri Surabaya untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan prima. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan prima agar konsumen mendapat kepuasan dalam menerima pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Pelatihan dilaksanakan secara synchronous dan asynchronous sehingga mendapatkan hasil yang maksinal bagi peserta. Metode yang dilakukan adalah menggunakan pre-test dan post-test dan pembeda test tersebut adalah soal yang diacak sehingga dapat diketahui pemahaman peserta setalah melakukan pelatihan. Hasil yang didapatkan dari pelatihan adalah pelatihan pelayanan prima selama 4 hari mengalami peningkatan yang pesat terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh peserta. Peningkatan kemampuan tersebut mengindikasikan keberhasilan materi yang disampaikan oleh pemateri serta metode yang tepat sasaran yang diminati oleh peserta pelatihan. Peningkatan kemampuan diharapkan menjadi nilai tambah dalam pengembangan sumber daya manusia yang ada pada pegawai vokasi.Selain itu, agar pelatihan dapat dinilai berhasil, peserta wajib memaparkan evaluasi kelebihan dan kekurangan kinerja yang dihadapi dan cara mengatasinya dengan cara mengimplementasikan materi pelatihan yang telah dilaksanakan.

Published

2022-03-21 — Updated on 2022-03-21

Versions

How to Cite

Pradana, R. M., Suyono , S. ., Makkiyah, F., Nudiya, A., & Fitriyanti, E. . (2022). Pelatihan Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Kinerja pada Pegawai Vokasi di Universitas X. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.26740/abi.v3n1.p11-18
Abstract views: 321 , PDF Downloads: 478